FKY 2014 Kulonprogo


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul FKY 2014 Kulonprogo, Kami berharap isi postingan Artikel info kulon progo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


Parade Gejog Lesung yang diadakan baru baru dikulon progo dimeriahkan pembukaan rangkaian Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) di Kulonprogo, Jumat (29/8/2014). Salah satu Kesenian yang menjadi ikon seni Kulonprogo tersebut dilakukan oleh ratusan peserta gejog lesung yang berasal dari wilayah kabupaten kulon progo. Dari 12 kecamatan. Ibu-ibu tani yang berkostum pakaian tradisional tradisional terlihat tampil kompak dan serasi saat mereka sedang mengikuti parade gejog lesung tersebut. Alat penumbuk padi yang dulu oleh masyarakat jawa selalu mereka gunakan itu, lama lama hanya jadi barang tak berharga. Padahal itu merupakan salah satu benda sejarah yang harus dilestarikan keberadaannya. Untuk itu acara parade seperti ini sangat penting untuk memupuk nilai nilai sejarah yang makin lama tergeser oleh barang barang elektronik.

Meski lesung tak lagi digunakan sebagai penumbuk padi, akan tetapi, alat yang terbuat dari kayu itu masih dilestarikan hingga saat ini sebagai salah satu kesenian rakyat khas kulon progo.

Ketua Umum FKY Kulonprogo Joko Mursito beliau mengatakan ada sekitar 124 peserta atau penumbuk padi yang mengikuti pembukaan Parade Gejog Lesung ini.

Dipihak lain, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana, beliau juga mengatakan bahwa festival ini adalah sinergisitas antara Pemerintah DIY melalui Dinas Kebudayaan dengan memanfaatkan dana keistimewaan. Dana ini diperuntukkan sebagai pendukung kegiatan pengembangan, pembinaan dan pelestarian seni budaya, tradisional maupun kontemporer yang berada di seluruh wilayah kabupaten Kulonprogo. Kegiatan ini juga turut mengangkat karya-karya seni baru yang banyak diciptakan oleh para seniman-seniman Kulonprogo. Karena kulon progo juga tak kalah dengan kabupaten lain masalah kesenian, selain itu acara tersebut diharapkan bisa menjadi media informasi, promosi serta sebagai hiburan masyarakat untuk mengurangi kepenatan pikiran karena yang selalu disibukkan oleh pekerjaan sehari hari.

Selain gejok lesung juga terdapat Ratusan penari Angguk yang juga turut tampil memeriahkan even ini. lemah gemulai dan lincah mengawali karnawal budaya. Ada kurang lebih 100 penari dari puluhan kelompok Angguk yang semuanya berasal dari wilayah Kulonprogo. Dalam karnaval ini setiap kecamatan menampilkan seni tradisional dan kontemporer unggulan mereka. Festival ini akan digelar selama 6 hari hingga Rabu (3/9/2014). Ada 4.000 seniman yang akan mengikuti acara ini.  Mereka berasal dari dua belas kecamatan dikulon progo.

Sumber Gambar: harianjogja.

Itulah tadi Artikel FKY 2014 Kulonprogo
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel FKY 2014 Kulonprogo yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel FKY 2014 Kulonprogo. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2014/09/fky-2014-kulonprogo.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post