Kenali Beda Gejala Virus Corona dan Flu Biasa,


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Kenali Beda Gejala Virus Corona dan Flu Biasa,, Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



TRIBUNJOGJA.COM - Wabah virus corona yang sudah menyebar di 103 negara membuat masyarakat cemas.

Termasuk juga masyarakat di Tanah Air. Sebab hingga kini, setidaknya 19 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Sebagian besar masyarakat khawatir tertular virus yang berawal dari Wuhan, China ini.

Sebab, infeksi virus corona yang menyerang sistem pernapasan ini sekilas memang mirip dengan flu biasa.Lantas, adakah perbedaan gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu biasa? Jawabannya tentu saja ada.

Berikut adalah berbagai perbedaan gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu biasa.

Flu biasa dan virus corona atau COVID-19 sebenarnya sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia.

Akan tetapi, kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda.

Berikut adalah perbedaan gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu biasa yang perlu kita ketahui.


1. Gejala flu biasa

Flu adalah infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan.

Virus penyebab flu biasa berasal dari golongan rhinovirus. Virus ini menyebar dari manusia ke manusia lainnya melalui percikan cairan yang dikeluarkan ke udara oleh penderitanya saat batuk, bersin, atau berbicara.
Anak-anak di bawah usia 6 tahun rentan mengalami flu. Akan tetapi, orang dewasa juga dapat mengalami jenis penyakit ini.

Secara umum, gejala flu biasa yang ditimbulkan, antara lain:
  1. -Hidung berair
  2. -Sakit tenggorokan
  3. -Batuk Bersin
  4. -Demam (jarang)
  5. -Hidung tersumbat
  6. -Sakit kepala ringan
  7. - Badan terasa linu
  8. - Merasa lema
Berbagai gejala tersebut biasanya muncul 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit flu.  Orang-orang yang berisiko mengalami flu adalah anak-anak di bawah usia 1 tahun serta mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.


2. Gejala infeksi virus corona COVID-19

Tak ayal bila gejala coronavirus terbilang mirip dengan flu biasa.

Virus corona dapat menyerang semua orang dari berbagai rentang usia, baik anak-anak, orang dewasa, ibu hamil atau menyusui, hingga orang lanjut usia (lansia).

Selain itu, orang yang sebelumnya pernah mengalami kondisi medis, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, tampaknya lebih rentan untuk menjadi sakit parah akibat virus.
Gejala infeksi virus corona sebenarnya bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya.

Umumnya, gejala coronavirus dapat muncul 4-10 hari setelah terpapar dari orang yang menderita.

Secara umum gejala coronavirus yang utama, antara lain:
  1. -Demam tinggi
  2. -Batuk kering
  3. -Merasa lemas
  4. -Sesak napas


Gejala-gejala tersebut biasanya tergolong ringan dan dapat muncul secara bertahap. Penderita COVID-19 juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, atau diare.


Namun, gejala ini jarang terjadi dan tidak khas pada penderita COVID-19.

Disalin dari https://jogja.tribunnews.com/2020/03/10/kenali-beda-gejala-virus-corona-dan-flu-biasa-meski-mirip-tapi-tak-sama 


Itulah tadi Artikel Kenali Beda Gejala Virus Corona dan Flu Biasa,
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Kenali Beda Gejala Virus Corona dan Flu Biasa, yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Kenali Beda Gejala Virus Corona dan Flu Biasa,. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2020/03/kenali-beda-gejala-virus-corona-dan-flu.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post