Cara mudah menenam pohon mints


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara mudah menenam pohon mints, Kami berharap isi postingan Artikel Obat herbal, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





Assalamu’alaikum kawan, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang apa yang pernah aku alami tapi sebelumnya saya minta maaf kalau sebelumnya ceritaku ini dianggap bukan sebagai artiel tetapi tidak lebih sekedar curhattetapi memang artikel yang ingin saya tulis nanti memang ada sangkut pautnya dengan cerita atau isahku ini.

Sekitar dua tahun lalu aku pernah bekerja disebuah rumah makan yaitu tepatnya didepan SPBU Wateskulon progo, Ruko Gawok. Aku melihat majikanku pulang dari belanja di MOL. Mataku tertuju oleh sesuatu yang dikeluarkan dari dalam keranjang\tas belanjanya. Ternyata itu adalah dua ikat daun mints. Aku memang baru pertama kali melihat daun mints secara langsung. Karena sebelumnya aku Cuma melihat dari iklan-iklan obat dan pasta gigi serta sampo. Aku jadi kepikiran ingin memiliki tanaman tersebut. Diam-diam aku mengambil dua pucuk daun mints tersebut. Lalu aku masukkan kedalam botol air mineral agar tanaman gak rusak dan cepat layu. Sebelum aku masukkan botol daun tersebut aku siram menggunakan air bersih agar nantinya selama menunggu aku pulang kerja daun mints gak layu dan kering. Memang sih daun mints sifatnya mudah layu dan kering karena daunnya tipis. Setelah sampai dirumah aku menyiapkan media tanaman untuk stek. Aku poton-gpotong daun tersebut menadi beberapa bagian kecil-kecil kira-kira 5 cm. kemudian aku tancapkan tangkai daun mints itu ke dalam media setek. Aku membuat media setek menggunakan tanah yang sudah aku capur dengan skam padi agar tanah gak becek karena air suah keluar. Aku juga sering menggunakan pecahan batu bata yang saya hancurkan kecil-kecil. Biasanya cara seperi itu keberhasilannya lebih besar karena media tidak banyak mengandung bakteri jika dibandingkan dengan tanah kadang tercampur bahan organik yang belum sempurna pembusukannya sehingga ini akan menjadi sumber bakteri yang dapat membahayakan tanaman setek yang masih baru. Setelah selesai penancapan bibit - bibit tersebut jangan lupa ditutup dengan kantong plastik bening pada bibit mints tersebut. ini dimaksudkan agar tanaman tidak layu karena daun mints akan selalu basah oleh embun. karena kita semua tahu selain menggunakan akar tanaman menyerap nutrisi dan air bisa lewat daun. Jadi selama perakaran belum tumbuh sempurna peran akar sementara akan di gantikan oleh daun yang merangkap sebagai proses fotosintesis.

Sampai disini kita tinggal mengontrol media saja agar jangan sampai kekeringan. karena jika sampai kering biasanya daun mint susah diselamatkan karena tanaman ini mudah sekali kering. Setelah kita melihat tanda - tanda akar sudah keluar cukup banyak bukalah tutupnya. Lalu letakkan ditempat teduk yang tidak menerima sinar matahari langsung karena tanaman ini masih harus beradaptasi dengan kondisi yang baru. setelah beberapa hari tanaman tidak layu kamu boleh memindahkan tanaman tadi ketempat yang lebih terbuka. nah kita tinggal merawat saja agar tanaman tetap subur. jika kamu ingin memberi pupuk kimia saya sarankan hati hati. ada cara aman agar tidak kelebihan dosis. larutkan pupuk kimia 1 gram untuk tiap liter air. atau kira - kira 1 sendak teh dilarutkan dengan air 5 liter. jika gak punya literan bisa memasukkan pupuk 1 sendok teh kedalam 1 jerigen bekas minyak goreng atau kecap isi 5 liter. biasanya ibu - ibu dirumah punya jerigen ini. kalau masih gak punya pakai aja botol bekas air mineral. lihat labelnya disitu tertulis berapa liter isi botol itu.

Sekedar tambahan, kalau tanaman sudah rimbun usahakan kamu membuat bibit baru karena biasanya tanaman yang sudah tua sering rontok daunnya kemudian mati. ya itu cuma untuk berjaga -jaga saja karena untuk mendapatkan daun mintts agak susah dipasaran. kamu bisa mendapatkan daun tersebut dengan beli di supermarkat lalu cepat - cepat ditanam agak gak kering.

Nah itu cuma sekedar menceritakan pengalamanku menanam daun mints. jika teoriku ini salah mohon dikoreksi. dan sampai sekarang cara ini masih aku pakai makin lama pohon mints koleksiku makin banyak.

Diatas sudah di bahas mengenai cara menanamnya, terus apasih fungsi daun mint itu. Simak uraian di bawah ini:

1. mengatasi Rasa mual dan gangguan pencernaan dzun mints yzng diseduh seperti teh atau dikonsumsi sebagai bentuk kapsul dapat meringannkan rasa mual dan melancarkan gangguan pencernaan. daun mints mengandung anastesi ringan sehingga mampu menghilangkan rasa sakit pada perut.Mints juga bisa dibuat obat anti mual pasca operasi

2.Nyeri otot. Anestesi mints bukan hanya berguna untuk pencernaan tetapi juga bisa meredakan nyeri otot.penggunaan mints sebagai pereda nyeri otot biasanya digunakan daun mints yang sudah di ektrak kandungan minyaknya. dan minyak inilah yang akan dijadika obat urut pada pijat otot. tetapi sebaiknya minyak ini harus di encerkan terlebih dahulu agar tidak terjadi iritasi pada kulit penderita/pasien.

3.menyembuhkan hidung tersumbat. karena daun mints mengandung mento yang yang sering digunakan sebagai obat flu maka aroma daun mints ini mampu membuka saluran pernafasan karena mints ini mengandung zat anti inflamasi. tak hanya iti daun mints juga mengandung zat anti bakteri yang berguna mengobati infeksi akibat serangan bakteri. bagi penderita asma mints juga mampu melonggarkan organ pada konstriksi bronkus sehingga akan melonggarkan pernafasan. untuk mengobati penyakit - penyakit diatas bisa dilakukan secara topikal ataupun diminum sebagai teh.

4. Heartburn. selain kegunan diats , meringankan gejala heartburn adalah salah satu fungsi mints melalui sifat antispasmidic meningkatkan aliran pencernaan. tetapi perlu anda ingat dosis penggunaan mints yang berlebihan justru akan memperburuk gejala penyakit mag(mah) jangan minum lebih dari 4 cangkir mints tiap hari dan jangan menelan minyak mints murni.

5. menyembuhkan nafas tidak sedap. minumlah teh mint yang bisa dibuat dari daun mints segar ataupun kering. kandungan anti bakteri mints ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam mulut yang dapat menimbulkan bau mulut.mints juga berfungsi menjaga mulut tetap lembab dan merangsang produksi air liur.

6. Pengendali stres. mints yang mengandung antipasmodic dan sedatif akan meredakan ketegangan. aroma mints ini akan meringankan gejala stres yang menimbulkan rasa tenang.

7. Mencegah kangker. kandungan vitamin c dan antioksidan mempu menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab berbagai penyakit yang salah satunya adalah kanker. Daun mints juga mengandung itamin A dan betakaroten. kedua zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

8. Mengatasi jerawat. jerawat bukanlah penyakit asing. Memang jerawat tidak berbahaya. tapi bagi kalangan muda terutama anak anak ABG jerawat merupakan momok yang sering ditakuti. apalagi bagi yang sedang PDKT tentunya....tetapi jangan kawatir ada salah satu usaha yang bisa kita lakukan yaitu dengan mencapurkan air mawar dan daun mints kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. diamkan beberapa menit lalu bilas. Lakukan hal seperti ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.




Itulah tadi Artikel Cara mudah menenam pohon mints
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara mudah menenam pohon mints yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara mudah menenam pohon mints. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2015/09/cara-mudah-menenam-pohon-mints.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post