Ngetik aman dengan Google Dokumen


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Ngetik aman dengan Google Dokumen, Kami berharap isi postingan ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


Sebenarnya artikel ini mungkin tidak begitu bermanfaat buat anda, tetapi karena saya prihatin dengan beberapa kali kejadian ada anak anak SMP yang sering mengeluh kepada saya katanya ketikannya yang sudah dia ketik selama berjam jam tiba tiba hilang gak tau kemana. Ada juga yang bilang Sudah disimppan tapi nyimpanya salah tempat sehingga jika komputer client diwarnet sudah di matikan data akan terhapus secara otomatis. Atau Dia mengetik di warnet tertentu setelah sampai dirumah dia lupa ketikannya belum di kopy mau diambil dah malem tutup.

Nah artikel yang akan saya coba tulis ini diharapkan dapat mengatasi hal hal tersebut supaya anda tak di rugikan baik rugi waktu tenaga dan biaya tentunya.

Keuntungan mengetik secara online bayak sekali, yang paling pokok adalah 
  1. Ketikan disimpan secara otomatis (tak usah mikirin nyimpen file, tdak perli klik tombol "SAVE")
  2. Tidak perlu susah susah membawa flashdisc
  3. Bisa dikerjakan di manapun, contoh anda semula mengetik di warnet kota Bogor kemudian anda pergi ke kota bandung. anda tak perlu kebogor untuk melanjutkan ( misal anda tak punya flashdisc untuk mengkopy ketikan anda  dikota bogor)
  4. Bisa minta tolong teman anda membatu mengetik jika teman anda tinggal di tempat lain. misalnya anda sedang ada tugas kelompok tetapi anda kesulitan mengumpulkan teman teman anda. anda cukup mengetik sampai batas tertentu lalu berikan alamatnya keteman anda. Nanti teman anda akan menerus kan. Anda jangan kaget kalau waktu anda membuka catatan anda seakan akan ada seseorang yang sedang mengetik ( ada kata perkata yang bisa muncul sendiri, itu artinya ada orang lain yang juga membuka file anda kemudia dia sedang mengetik atau menghapus ketikan anda, misal anda sedang mengetik tapi teman anda jahil eeeee dia main hapus aja yaaaaa andapun akan kehilangan ketikan anda karena ada orang lain yang juga membuka file anda ditempat lain.

Tak usah Basa basi langsung saja.

Pertama yang anda lakukan  adalah masuk Google drive
kemudian Klik baru-google dokument



Beri judul Sesukamu, lalu silakan ketik apa saja yang kamu mau



Untuk mempermudah menggunakannya dilain waktu silakan klik bagikan kemudia pilih dapat mengedit-lalu klik beres ( lihat gambar dibawah ini)



Kemudian copy lah alamat file yang diberikan pada kotak dan simpanlah alamat tersebut sebagai bookmark atau kamu dapat menulis dibuku atau media lainnya. jika suatu ketika anda sedang ngetik di warnet atau lewat hotspot disekolah kamu kamu tinggal masukin alamat ini.

tapi ingat yang saya gunakan contoh ini adalah dengan pilihan " DAPAT MENGEDIT" artinya siapaun yang menyimpan alamat dalam kotak yang diberikan tadi dapat menulis atau menghapus isi catatan dalam dokumen kamu, walaupun orang itu tidak login dulu di google.

kalau kamu pingin aman kamu dapat menggunakan pilihan "DAPAT MELIHAT"


Mungkin anda merasa gak suka kalau nyimpan alamat yang begitu panjang =

https://docs.google.com/document/d/1rvuqmF2Vif3w9mZjuXXEFSnZppwHBBYOFa41JgOif10/edit?usp=sharing

Anda dapat menyingkatnya dengan url shorten. Banyak situs yang menyediakan layanan ini antara lain https://goo.gl/,  tinyurl.com, https://bitly.com/shorten/, ow.ly/

Jika anda bingung mau pilih mana saya sarankan pakai goo.gl saja karena ini situs milik google. kamu bisa lihat contoh hasil pemendekannya.



atau pilih yang ini:


Setelah anda selesai memmbuat maka anda tinggal menggunakan saja kapanpun anda mau. Anda tak hanya bisa membuat satu file saja tetapi bisa membuat file file baru laiinya. dan tentu saja dengan Format Power Point, excel dan microsoft word. dengan cara seperti langkah langkah awal tulisan ini.

Yang perlu anda ketahui juga bahwa ngetik secara online di google dokumen tidak perlu susah susah menyimpan file secara berkala dan walaupun anda ngetik tiba tiba listrik mati anda tak perlu khawati ketikan anda hilang. karena Google akan menyimpan ketikan anda setiap beberapa detik secara otomatis.

dibawah ini adalah contoh alamat yang bisa anda buka untuk mencoba mengetik

https://docs.google.com/document/d/1rvuqmF2Vif3w9mZjuXXEFSnZppwHBBYOFa41JgOif10/edit?usp=sharing

atau 

preview google dokumen

Demikian semoga artikel ini bisa membantu terutama adik adik pelajar yang masih SD atau SMP yang belum begitu paham masalah komuter.


Catatan:
jika anda mengalami masalah dengan pembuatan nya silakan hubungi lewat komentar kami akan memberi alamatnya gratis tinggal pakai tak perlu login, tak perlu daftar anda cuma tinggal ngetik alamatnya yang sudah di pendekkan contoh alamat yang bisa dicoba : 


alamat diatas mungkin digunakan banyak orang karena di publikasikan secara umun. tidak aman jika anda mengetik pada alamat ini karena ketikan anda bisa di hapus atau di tambah dengan kata kata lain oleh pengguna lain ( hanya contoh saja )




Itulah tadi Artikel Ngetik aman dengan Google Dokumen
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Ngetik aman dengan Google Dokumen yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Ngetik aman dengan Google Dokumen. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2015/11/ngetik-aman-dengan-google-dokumen.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post