Kasiat daun Sirih untuk mengobati berbagai penyakit


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Kasiat daun Sirih untuk mengobati berbagai penyakit, Kami berharap isi postingan Artikel Obat herbal, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





Daun sirih atau suruh sudah sangat dikenal masyrakat Indonesia. Pada zaman dahulu sirih selalu digunakan untuk segala macam pengobatan tradisional dan untuk nginang para ibu ibu di zaman dahulu. Sebenarnya jika kita mengamati ibu ibu yang kelahiran zaman dulu yang sampai sekarang masih nginang tentunya anda akan meihat gigi gigi mereka masih utuh walaupun usia sudah tua. Bahkan banyak yang sudah neneknenekpun kalau jalan sudah membungkuk tetapi giginya masih lengkap. Beda dengan orang sekarang walaupun usia masih muda gigi giginya sudah pada permisi minta pulang. Itu semua dikarenakan daun sirih yang digunakan untuk nginang itu mengandung zat yang berfungsi sebagai anti bakteri. Sehingga mulut yang terkenal sebagai saang bakteri selalu dibersihkan dengan daun sirih walaupun sebenarnya tujuan mereka itu tidak seperti itu. Tetapi tanpa mereka sadari ternyata fungsi nginang itu adalah untuk membasmi kuman dalam rongga mulut terutama di sela sela gigi mereka.


Sirih sebenarnya ada beberapa jenis yaitu sirih merah dan sirih hijau. Sirih hijau sendii memiliki beragam jenis. Ada yang merambat dan ada yang tidak. Tetapi  pada zaman dahulu yang serng dikenal masyarakat sebagai obat herbal adaah sirih hijau bukanlah sirih merah. Sirih merah baru dikenal masyarakat beberapa tahun yang lalu. Sedagkan sirih hijau sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat dunia bahkan sejak zaman kerajaan kerajaan dahulu sirih ini sudah digunakan oleh rakyat kerajaan bahkan juga digunakan dikalangan kerabat istana untuk berbagai keperluan. Baik sebagai pengobatan maupun sebagai ritual.


Pada zaman sekarang sirih sudah jarang digunakan untuk nginang. Tetapi sekedar untuk pengobatan. Masyarakat Indonesia sendiri tidak banyak yang mau repot membuat obat herbal yang harus ngrebus dan lain lain. Mereka lebih suka yang instan ambil lalu minum gak usah direpatkan lagi. Tetapi sebenarnya pengobatan hebal walau kasiatnya tidak serta merta terasa namun akan ber efek positif karena obat herbal biasanya tidak banyak atau bahkan tidak memiliki efek samping. Namun demikian tidak sedikit pula mereka yang memanfaatkan pohon sirih sebagai tanaman hias saja karena memang bentuk daunnya indah jika ditanam disela sela tanaman lain dan berbaur dengan bunga bunga yang lain.


Daun sirih mengandung Minyak atsiri, minyak astiri dari daun sirih mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan kavikol (memiliki kekuatan untuk membunuh kuman), anti-oksidasi dan fungisida, anti jamur.
Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dari buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic  senyawa alko-koloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.


KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SIRIH





1


Daun Sirih Mengobati mimisan
ambil daun sirih kemudian gulung lalu gunakan untuk menyubat lubang hidung yang sedang mimisan. 

MANFAAT LAIN DAUN SIRIH

Untuk pemakaian bagian luar kulit, manfaat daun sirih juga mengobati penyakit luar diantaranya eksim, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisul dan menghilangkan gatalManfaat Daun sirih juga mengandung bahan aktif fenol dan kavikol dimanfaatkan sebagai pestisida nabati berfungsi dalam mengendalikan hama penghisap pada tanaman.Daun Sirih merah bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.



Jika anda kesulitan mendapatkan daun siriih silakan klik disini: 
  1. https://www.tokopedia.com/wonglendah/daun-siriih
  2. https://www.bukalapak.com/p/personal-care/produk-kesehatan/1efccp-jual-daun-sirih-hijau



2




Daun sirih obat keputihan
untuk mengobati keputihan bagi wanita gunakan daun sirh ini dengan cara merebus tuju samapi 10 lembar dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Lalu gunakan air rebusan ini untuk membasuk daerah kewanitaan. Gunakan selagi masih hangat dan lakukan secara berulang ulang.

3




Mengobati gatal alergi dan biduran
Sediakan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning dan 1,5 sendok makan minyak kayu putih. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Kemudian ramuan tersebut dioleskan/digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal karena alergi atau
biduran.

4



Daun Sirih Mengobati diare
tumbuklah 4-6 lembar daun sirih, 6 biji lada dan 1 sendok akan minyak kelapa. Setelah lumat maka gosokkan tumbukan ramuan tadi kebagian perut pasien dan biarkan sampai  kering.

5



Mengobati gusi berdarah
jika ada yang menderita gusi berdarah bisa diobati dengan daun sirih ini caranya adalah rebus 10 lembar daun sirih dengan 5 gelas air sampai mendidih, kemudian gunakan untuk berkumur kumur.

6


Daun Sirih Mengobati gigi berlubang/Pembengkakan Gusi
Jika anda megalami sakit gigi karena gigi berlubang, anda bisa melakuan sama seperti untuk gusi berdarah yaitu dengan cara berkumur kumur dengan air rebusan daun sirih.

7




Daun Sirih Mengobati batuk
rebuslah 4 lembar daun sirihi , 3 lembar daun bidara upas dan 2 gelas  air  sampai mendidih. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya. Lalu gunakan air ini untuk berkumur kumur dan usahakan agar air bisa menjangkau daerah kerongkongan.

8








Daun Sirih Mengurangi produksi ASI
ada sebagian ibu menyusui yang memiliki produksi ASI yang berlebihan kadang kala anak sudah kenyang tetapi Asi keluar terus sehingga ada yang sampai menyedotnya dengan sedotan asi.
Dan asi tadi hanya dibuang sia sia. Ada cara untuk engurangi asi agar gak keluar berlebihan dan saying sekali kalau hanya dibuang tanpa manfaat karena itu adalah nutrisi yang besar yang sangat dibuthkan oleh anak anda. Caranya yaitu menggunakan daun sirih. Caranya adalah ambilah daun 4 lembar sirih lalu olesi dengan minyak kelapa kemudian panggang di atas api. Tetapi ingat daun jangan sampai hangus terbakar, cukup menjadi layu saja. Lalu tempelkan disekitar payudara.   

9




Daun Sirih Untuk Penyakit jantung
Sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. amuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

10



Daun Sirih Untuk Mengobati Penyakit Sifilis
Siapkan 25 – 30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali 1 hari secara terus
 menerus.

11



Daun Sirih Untuk Mengobati Bronkhitis
Sediakan 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari 3 sendok makan.
12


Daun Sirih Menghilangkan bau badan
Ambil 2-3 lembar daun sirih direndam dalam air panas 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air hangat. Kemudian Minum.

13



Daun Sirih Untuk Radang Tenggorokan
Rendam 3 lembar daun sirih pada segelas air panas. Setelah airnya dingin gunakan air tersebut untuk berkumur dengan kepala menengadah ke atas dan rasakan air nya sampai ke
pangkal tenggorokan. Lakukan 3 kali sehari.


Itulah tadi Artikel Kasiat daun Sirih untuk mengobati berbagai penyakit
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Kasiat daun Sirih untuk mengobati berbagai penyakit yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Kasiat daun Sirih untuk mengobati berbagai penyakit. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/03/kasiat-daun-sirih-untuk-mengobati.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post