9 hal yang Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul 9 hal yang Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh, Kami berharap isi postingan ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


sumber gambar:
kimi-noru.blogspot.com
Banyak hal yang sudah dilakukan untuk menangkal berbagai macam penyakit. Dan kita sudah menerapkan berbagai macam hal yang kita anggap sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh. Namun ada hal lain yang seharusnya tidak kita lupakan. Ada faktor-faktor lain yang juga bisa mempengaruhi kekebalan tubuh kita. Mungkin kita berpikir untuk menbisakan tubuh yang sehat kita harus  memakan makanan bergizi, faksinasi, mencuci tangan sebelum makan, beriatirahat yang cukup, olah raga teratur dan lain-lain. Namun itu semua tidak 100% menjamin tubuh kita sehat dan kebal dari serangan penyakit.

Hal lain yang juga mempengaruhi  sistem kekebalan tubuh adalah bagaimana tingkat stres diri Kita, berapa sering Kita minum alkohol, seberapa aktif hidup Kita, dan udara yang Kita hirup juga bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.
Ada  banyak hal yang perlu kita ketahui hal hal penting yang juga berperan dalam sistim kekebalan tubuh kita. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa hal penting tersebut agar kita bisa menjaga tubuh kita dari kerusakan karena kesalahan kita sendiri dalam melindungi tubuh kita.

1. Stres
Stres yang terjadi berkepanjangan bisa memengaruhi sistem kekebalan dalam tubuh kita, demikian yang di ungkapkan oleh National Cancer Institute.
Menurut penjelasan seorang profesor kedokteran keluarga dan masyarakat di Wake Forest Baptist Medical Center di North Carolina , John Spangler, MD,mengatakan, "Stres akan memicu produksi hormon kortisol, produksi hormon tersebut akan mengganggu fungsi sel T melawan infeks".

2. Kesepian
Merasa kesepian memang menjadi masalah semua manusia. Dan in tak memkitang siapa saja. Hal sepeerti ini sudah umum terjadi pada orang orang tertentu yang sedang mengalami masalah atau ada sebab-sebab tertentu lainnya. Namun perlu kita ketahui bahwa merasa kesepian bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh Kita,.
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmunology pada bulan Desember 2014 dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa peningkatan kecemasan terkait dengan kesepian berakibat tekanan pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Gaya hidup tidak aktif
Semakin maju peradaban manusia sering membawa dampak buruk bag manusia itu sendiri. Banyak manusia yang sudah mulai dihinggapi rasa malas. Semua sudah dilayani mesin sehingga kita jarang lagi banyak bergerak. Terlalu banyak duduk dan menghindari olahraga bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, itulah yang dikatakan oleh sebuah studi 2012 Januari di American Journal of Preventive Medicine.

Gaya hidup moderen yang sering kita lupakan resiko berbahaya misalnya, merokok dan minuman beralkohol, gaya hidup tidak aktif, ini semua bisa menyebabkan peningkatan risiko kematian dini.
Gaya hidup yang tidak aktif akan menyebabkan sistem kekebalan dalam tubuh akan terganggu, terjadi peradangan, dan juga berbagai macam penyakit kronis lainnya. Kita memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga secara rutin setiap harinya.

4.Terlalu banyak olahraga
Berolah raga memang sangat dibutuhkan untuk kebugaran tubuh kita, namun terlalu banyak olahraga berat justru bisa melemahkan sitem kekebalan tubuh kita dan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi.
Tapi sebuah studi 2014 menunjukkan bahwa aktivitas fisik moderat bisa membuat kerentanan Kita terhadap virus berkurang.

5. Nikotin
Sepertinya budaya merokok sebagai penyebab utama pencemaran udara yang bercampur nikotin sudah sulit di cegah lagi. Entah Kita merokok rokok biasa atau rokok elektronik, tetap saja Kita masih terpapar nikotin, yang bisa merugikan sistem kekebalan tubuh Kita. Nikotin inilah yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya kadar kortisol yang mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respon antigen sel T. 
6. Radiasi ultraviolet
Meningkatnya kadar polusi udara dan menipisnya lapisan ozon, membuat radiasi ultraviolet (UV) meningkat. Hal inilah yang bisa mengakibatkan meningkatnya kasus kanker kulit, penyakit katarak, dan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.
Paparan sinar UV lingkungan juga bisa mempengaruhi sel-sel yang bertanggung jawab untuk memicu respon imun, meningkatkan risiko infeksi dan kemungkinan menurunkan pertahanan terhadap kanker. 
7. Diet
Sebuah studi pada Juni 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menyebutkan, diet tinggi lemak jenuh mengganggu sistem kekebalan tubuh. Konsumsi Garam dan gula berlebihan juga memiliki pengaruh buruk pada kesehatan tubuh kita. Kegemukan juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi jumlah dan fungsi sel darah putih yang diperlukan untuk melawan infeksi. Gizi yang baik sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

8. Alkohol
Bahkan satu kali minum alkohol berlebihan bisa mengurangi respon sistem kekebalan tubuh untuk menyerang patogen penyakit, kata Spangler.


"Metabolit utama yang terdapat dalam akohol adalah asetaldehida, kemungkinan merusak fungsi silia di paru-paru, membuat paru lebih rentan terhadap invasi bakteri dan virus," demikian menurut Spangler.

Alkohol juga bisa mengganggu proses tubuh untuk melawan bakteri dan virus, sehingga orang-orang yang menyalah gunakan alkohol pada risiko tinggi terkena infeksi.

9. Kesedihan
Sebuah kesedihan yang datang secara tiba-tiba bisa menyebabkan lemahnya respon kekebalan pada tubuh Kita.

     
Kehilangan orang yang dicintai, misalnya, bisa meningkatkan produksi senyawa kimia pada saraf dan hormon yang meningkatkan risiko infeksi virus, seperti flu, kata badan tersebut.
Kesedihan akan menjadi salah satu penyebab meningkatnya respon kortisol dan ketidakseimbangan pada kekebalan tubuh.
Vaksin tertentu, termasuk vaksinasi flu, mungkin kurang efektif bagi mereka yang sedang dalam masa kehilangan yang mendalam, menurut NIMH.



Itulah tadi Artikel 9 hal yang Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel 9 hal yang Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel 9 hal yang Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/08/9-hal-yang-bisa-melemahkan-daya-tahan.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post