Kelebihan dan Kekurangan Format FAT32, NTFS, dan exFAT


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Kelebihan dan Kekurangan Format FAT32, NTFS, dan exFAT, Kami berharap isi postingan Artikel komputer, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Mungkin anda sering mendengan istilah FAT. Ada FAT16, FAT32, exFAT. Terus apa sih sebenarnya fungsi istilah tersebut. Dan apakah FAT iitu sebenarnya? Banyak yang masih bingung dalam  memilih  jenis format yang ada. Maka dari itulah saya  akan dijelaskan perbedaan antara masing-masing jenis FAT tersebut.. agar supaya anda tidak salah menerapkannya sehingga diharapkan anda tidak akan mengalami kerepotan karena harus memformat Disc beberapa kali hanya untuk mengulangi ke format FAT yang lainnya agar sesuai dengan apa yang anda terapkan nantinya.

Mari kita lihat lihat penjelasan dari masing-masing format, baik untuk format FAT32, NTFS, dan exFAT.

1. FAT32


Format FAT32 adalah fat yang di kenalkan publik pada tahun 1995. FAT 32  ini merupakan format partisi yang datang sebagai penyempurna dari FAT sebelumnya (FAT16). Dengan kemampuannya yang telah didukung oleh banyak jenis perangkat yang ada pada saat ini.
Kelebihan format FAT32: : Format  ini telah didukung oleh banyak sistem operasi, mulai dari Windows, juga termasuk Linux dan Mac. Format tersebut juga menjadi standar format   partisi pada Flashdisk dan SD Card. Karena umurnya yang sudah tua, maka format inipun telah didukung oleh banyak perangkat.
Kekurangan format FAT32:  sedangkan Kekurangan format partisi ini ada pada kemampuannya dalam menyimpan file. Format ini hanya dapat menyimpan file tunggal sampai dengan 4GB saja, dan terbatas hanya pada partisi hingga 8TB. Selain itu, format ini   disinyalir rawan terhadap serangan virus, karena tidak memiliki fitur file permission.

. NTFS

NTFS lahir bersamaan dengan Windows XP. NTFS dibuat untuk menyempurnakan kekurangan yang ada pada format FAT32. karena mengingat format FAT32 yang sudah tua, digunakan sebagai format partisi untuk HardDisk.
Kelebihan format NTFS:   NTFS dilengkapi  batas ukuran partisi yang cukup besar. dan tambahan fitur file permission sebagai keamanan untuk partisi HardDisk, adanya fungsi recovery, disk quota limit, dan dan lain-lain.
Kekurangan format NTFS:  Tidak semua sistem operasi mendukung NTFS. Termasuk juga  Mac yang merupakan system operasi terkemuka. Walaupun formatnya bisa terbaca, namun tidak dapat digunakan. Selain itu, perangkat non-komputer semisal TV, MP3 Player, dan juga kamera mayoritas belum mendukung format partisi NTFS ini.

3. exFAT

exFAT ini menjadi format paling baru. exFAT diperkenalkan ke publik   pada tahun 2006, exFAT ini cukup sederhana, namun memiliki kapasitas seperti yang dimiliki oleh NTFS. Format partisi exFAT sangat cocok untuk format Flashdisk.

Kelebihan format exFAT: exFAT ni dapat digunakan untuk sistem operasi MAC dan Linux secara penuh. exFAT jugai direkomendasikan untuk format partisi pada perangkat portable.
Kekurangan format exFAT: exFAT belum mendukung penuh penggunaan untuk beberapa perangkat baru. 

Itulah tadi sedikit uraian tentang partisi FAT32, NTFS, dan exFAT. Mudah mudahan anda tidak penasaran lagi tentang format – format diatas karena setiap kali kita akan memfomrmat Flashdisk maupun hardis atau memori card selalu diberikan pilihan untuk menentukan format apa yang harus anda gunakan. Nah setelah mengerti maka kita tinggal pilih saja mau dipakai buat apa hardisk atau flash disc itu jadi kita tidak akan menunai kekecewaan karena kurang tahunya pengetahuan kita tentang format disk.

Terimakasih telah menyempatkan mampir sebentar di blog saya semoga bisa membawa manfaat buat semuanya. Amiiiin.




Itulah tadi Artikel Kelebihan dan Kekurangan Format FAT32, NTFS, dan exFAT
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Kelebihan dan Kekurangan Format FAT32, NTFS, dan exFAT yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Format FAT32, NTFS, dan exFAT. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/08/kelebihan-dan-kekurangan-format-fat32.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post