Cara Mengatasi Aplikasi google play error


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Aplikasi google play error, Kami berharap isi postingan Artikel ponsel, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



Suatu hari aku ingin install aplikasi untuk hpku. aku ingin insta beberapa apikasi tetapi ternyata aplikasi yang dulu pernah saya instal dan berhasi sekarang sudah tidak bisa saya install agi karena harus meng update googe play servis ke versi yang baru. Namun alangkaah kecewanya setelah saya update ternyata google pay strore malaha error dan gak bisa lagi dibuka. dan ini berakibat terganggunya sinkronisasi data. aku sempat bingung dan cari cara di internet. Rata rata teori mereka sama antara satu dengan lainnya. aalu aku coba saja satu persatu dan tak satupun yang berhasil.

Suatu saat aku menemukan sebuah postingan disitus http://carisinyal.com, aku menemukan sebuah trik cara memperbaiki google play store yang error. setelah saya baca dari awal sampai akhir lalu aku coba praktekkan dan ternyata ahamdulillah berhasil. dan aku sangat senang karena aku gak jadi ke tukang Servis HP.

Dibawah ini aku posting ulang teori yang  saya baca itu karena saya anggap ini sangat membantu bagi orang seperti saya yang masih pemula. Silakan baca jika anda mungkin saat ini juga sedang mengalami masalah seperti saya ini.



Aplikasi Google Play Error? Inilah Yang Harus Anda Lakukan

by Ganjar Maulana  


Setiap pengguna perangkat Android pasti pernah mengalami aplikasi Google Play-nya mengalami masalah, entah itu tidak bisa mendownload aplikasi atau pun mengalami crash. Hal tersebut tentu sangat mengganggu karena Google Play Store merupakan salah satu aplikasi paling penting di perangkat Android. Jika Anda sering mengalami kejadian Google Play error tersebut, berikut Carisinyal akan memberikan beberapa tips untuk mengatasinya.

Kosongkan Cache

Pada kebanyakan kasus, masalah pada Google Play bisa diselesaikan dengan membersihkan cache. Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara yang membuat Google Play dapat berjalan dengan cepat, namun terkadang menimbulkan masalah.

Untuk membersihkannya, Anda hanya tinggal menuju menu setting kemudian pilih bagian aplikasi. Carilah aplikasi Google Play Store di bagian “All”, kemudian pilih dan tekan tombol “Empty Cache”. Setelah itu, coba periksa apakah Google Play Anda sudah kembali pulih seperti semula.

Hapus Data

Jika langkah di atas tidak membuahkan hasil, maka cobalah untuk menghapus semua data yang ada di aplikasi Play Store tersebut. Cara ini akan mengembalikan Play Store seperti semula dan juga menghapus semua data yang tersimpan. Caranya sama seperti di atas, namun kini Anda harus menekan tombol “Delete Data”

Uninstall Update Play Store

Update Google Play Store memang sangat penting, namun terkadang terdapat masalah yang menjadikan Google Play error. Oleh karena itu, mencoba untuk melakukan uninstal update-nya adalah hal yang masuk akal. Caranya sama seperti di atas, tetapi sekarang Anda harus menekan tombol

“Uninstall Updates”.Google Play Services

Google Play Anda masih bermasalah juga? Sekarang cobalah untuk menghapus cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Services. Caranya sama seperti di atas, tapi kali ini carilah aplikasi Google Play Services kemudian tekan tombol “Empty Cache”.

Aktifkan Download Manager

Hal lainnya yang biasanya membuat Google Play berhenti bekerja adalah Download Manager yang tidak aktif. Oleh karena itu Anda harus kembali mengaktifkan aplikasi ini dengan cara mengklik tombol “Active” pada aplikasi Download Manager tersebut. Jika yang terdapat adalah tombol “Deactivate”, berarti tidak ada masalah pada aplikasi Download Manager ini.

Hapus Google Account

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus Google account kemudian menambahkannya kembali. Caranya, masuk ke setting kemudian ke menu Account, lalu pilih Google Account dan klik tombol remove. Setelah itu restart perangkat Android Anda dan masukkan kembali Google Account Anda dengan cara masuk ke menu Settings > Accounts > Add Account > Google.

Lakukan Factory Data Reset

Jika semua cara di atas telah Anda lakukan namun tetap tidak membuahkan hasil, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan Factory Reset. Tidak hanya untuk Android, Factory Reset juga selalu menjadi cara ampuh untuk mengatasi masalah pada perangkat iOS.

Cara ini akan menghapus semua data yang ada dan perangkat Anda akan menjadi seperti baru lagi. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Untuk melakukan factory Reset ini, masuklah ke menu setting, pilih ‘Backup and Reset’ dan kemudian pilih ‘Factory Data Reset’. Dengan cara ini perangkat Anda akan menjadi seperti baru lagi dan semua Google Play Store yang ada di dalamnya juga akan kembali bekerja dengan normal.

Edit Hosts File

Jika Anda memiliki perangkat Android yang sudah diroot, maka terdapat trik mudah untuk mengatasinya. Caranya hanyalah dengan mengedit beberapa bagian dari Hosts file. Pertama-tama, bukalah aplikasi file manager semacam Root Explorer, lalu buka folder system/etc/hosts.

Editlah file tersebut dengan cara menambahkan hashtag (#) pada awal baris kedua dari angka yang tertera di sana. Sebagai contoh, jika pada baris kedua terdapat angka 127.0.0.1 maka ubahlah menjadi #127.0.0.1. Setelah itu simpan dan restart perangkat Android Anda. Silahkan masukkan kembali Google account untuk memastikan masalahnya telah berhasil diatasi.

Semoga semua tips di atas dapat menyelesaikan masalah Google Play error pada perangkat Android Anda.





Itulah tadi Artikel Cara Mengatasi Aplikasi google play error
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara Mengatasi Aplikasi google play error yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara Mengatasi Aplikasi google play error. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/11/cara-mengatasi-aplikasi-google-play.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post