Pengaruh baik dan buruk Sosial media Yang perlu kita tahu

Pengaruh baik dan buruk Sosial media Yang perlu kita tahu - Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan berbagai catatan sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Pengaruh baik dan buruk Sosial media Yang perlu kita tahu, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel tips, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Jangan lupa baca juga yaaaa artikel berikut ini :



Pengaruh teknologi info di era kini ini terus memudahkan seseorang dalam mengakses beberapa info yang dibutuhkan jadi tidak salah andai dunia berubah terus sempit dan tanpa batas. Teknologi info yang berkembang juga bisa memicu retaknya sebuah keluarga sampai-pada tidak jarang memunculkan perceraian, apabila sang pemakai tidak bisa lagi memilah dan memilih segi positif dan negatifnya dan yang mencengangkan kita_semua semua, menurut data di salah satu media kurang lebih 40 persen perceraian tersebut, salah satu penyebabnya merupakan Facebook, ini salah satu contoh akibatnegatif kemajuan teknologi komunikasi. 

Dampak negatif facebook pada kehiduppan rumah tangga. Namun ada juga akibatpositifnya jejaring sosial Facebook bisa mempertemukan pasangan, kawan bisa juga saudara yang hilang, bisa juga bahkan mencari pekerjaan dan cari jodoh. 

Banyak yang berawal dari curhat-curhat. Selanjutnya saling kenal, janji berjumpa lantas memunculkan rasa simpati dan perhatian. Akibatnya bisa saja keharmonisan dalam keluarga terganggu sampai-pada menyebabkan perceraian,. Seorang suami bisa juga istri bisa saja lupa dengan keluarga gara-gara main Facebook. Andai telah duduk di depan komputer bisa juga hp disuruh makan bisa saja lupa, jangan heran andai ada suami dan istri yang “ketagihan” 

Facebook bisa hinggaada yang berbaring di tempat tidur disamping pasangannya, ber-facebook ria dengan kawan di alam mayanya.

Pernahkah Kamu mendengar telah terjadi perceraian itu dikarenakan salah satu pasangan selalu  bermain facebook, pernahkah  telah terjadi CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali)pada diri Kamu  , bisa juga sempat Kamu dilarang keras oleh Istri bisa juga Suami Kamu bermain facebook, bisa juga pernahkah Kamu sendiri Berselingkuh melalaui Facebook bisa juga di website Jejaring Sosial lainnya, jikalau sempat saya bisa memaklumi terbukti terkadang kita_semua merasa tersanjung apabila mantan kita_semua ada di jejaring sosial, sekedar mengingat masa indah dulu,  apalagi jikalau cinta tidak sempat kesampaian, bisa juga terputus itu dikarenakan Kamu wajib mengejar cita – cita, sementara pasangan Kamu telah kebelet kawin, faktor – faktor lainnya, Saya browsing beberapa Permasalahan perceraian yang dikarenakanfacebook. 

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh DIVORCE – ONLINE, San Fransisco, AS. Menurut Survey tersebut, Facebook berubah faktor penyebab mutlak dalam kerusakan pernikahan dan terus tidak sedikit dipakai sebagai sumber bukti dalam permasalahan perceraian.

Tiga puluh tiga persen dari 5.000 berceraian yang diajukan dengan perilaku perusahaan dalam satu tahun terbaru  bahkan menyebut Facebook sebagai biang masalahnya.

Alasan paling umum saat/ketika Facebook menyebabkan persoalan dalam hubungan merupakan pasangan menemukan pesan genit, foto-foto pasangan mereka di pesta yang mereka tidak tahu mengenai bisa juga dengan seseorang yang mereka tidak seharusnya. Tidak sedikit fakta di lapangan yang telah menguatkan hasil penelitian ini di ataranya :

Beritajatim.com memberitakan Pemkot Surabaya telah memblokir jejaring sosial Facebook bukan itu dikarenakan jaringan lemot, tetapi facebook dipergunakan untuk berchatting-ria dan mencari kawan – kawan baru, dan yang lebih parah lagi  tidak sedikit PNS nya yang bercerai itu dikarenakan facebook.

Blogdetik posting  Perihal penyebab tingginya cerai di Ciamis, diduga kuat akibat semaraknya Hp dan face book. Ini berarti isteri menggugat cerai itu dikarenakan suaminya mempunyai Wanita Idaman lain (WIL), selanjutnya suaminya mengajukan cerai lantaran isterinya mempunyai Pria Idaman Lain (PIL). ” Penyebab PIL lebih tinggi ketimbang WIL. Jadi isteri yang tergoda pria lain melewati face book dan SMS.

Selain kedua contoh permasalahan di atas pastinya tetap ada lagi, contoh – contoh lainnya bagus di Indonesia maupun di luar negari. Bagai contoh, seorang suami tidak pulang – pulang alias minggat itu dikarenakan mengejar Wanita Idaman Lainnya yang ada di Facebook, namun kenyataannya istrinya tersebut baru melahirkan. 

Tulisan saya ini, terinspirasi oleh seorang teman, yang tiba – tiba sms saya, yang tidak mau namanya di sebut di facebook itu dikarenakan dirinya menggunakan account facebook anaknya, suaminya melarang kawan saya tadi facebook-an. Saya teramata memaklumi kondisi bagai ini apalagi hasil riset telah membuktikan bahwa facebook salah satu penyebab perceraian. Tidak sedikit Suami bisa juga Istri yang takut pasangan mereka selingkuh bisa juga melakukan CLBK via Facebook bisa juga jejaring sosial lainnya.

Sekarang kita_semua coba menonton ke masa – masa sebelum ada facebook, dan mungkin akibat perceraian dikarenakanoleh faktor – faktor lainnya, bisa juga terbukti pasangannya yang mata keranjang tidak puas tidak satu pasangan.

Ingatkah kamu bagaimana sulitnya untuk berhubungan dengan orang lain di luar kota, luar pulau, bisa juga luar negeri 20 tahun lalu? Tarif telepon yang tetap mahal bisa juga surat yang memperlukan saat yang lama dalam pengiriman, membikin orang, relasi, dan keluarga yang terpisah jauh bakal amatlah susah untuk dihubungi. 

Namun perkembangan teknologi yang pesat membikin berhubungan dengan orang lain meskipun terpisah ribuan kilometer dan zona saat yang tidak sama pun berubah semudah membalikkan telapak tangan.Ya, media sosial merupakan salah satu perkembangan teknologi yang mempunyai andil besar dalam memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Diawali dengan era Friendster dan Myspace, era Facebook dan Twitter, dan yang terbaruGoogle Plus, media ini memicu tidak sedikit perubahan manusia dalam bersosialisasi. Ini sesuai dengan tujuan awal mengapa media sosial dibangun yaitu memungkinkan kita_semua untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia untuk mencari kawan baru, pasangan hidup, berbisnis, bahkan berpolitik. Inilah ini sedikit fakta hebat yang menunjukkan perkembangan media sosial yang signifikan (Data berdasarkan riset di tahun 2011):

Pengguna Twitter telah mencapai 175 juta member, meningkat 133% dari tahun 2010 yang berjumlah 75 juta member

Tercatat ada kurang lebih 95 juta tweet per hari, meningkat 250% dari tahun 2010 yang berjumlah 27 juta tweetper hari

Facebook mempunyai 640 juta pemakai aktif. Setengahnya mengakses Facebook setiap hari
Jika Facebook merupakan sebuahnegara maka Facebook bakal berubah negara dengan penduduk terbanyak no. 3. dan LinkedIn tercatat telah mempunyai 100 juta pemakai aktif di seluruh dunia.

1. Mempermudah kamu untuk berinteraksi dengan tak sedikit orang.

Jika dahulu kamu mengenal bintang film pujaan kamu lewat koran, majalah, ataupun agenda TV maka kini kamu bisa mengenal mereka lewat media sosial. Ya, ribuan bintang film mempunyai akun Twitter maupun Facebook yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan para penggemarnya. Kamu pun bisa mengenal kehidupan serta kegiatan sehari-hari mereka dari akun resmi mereka. Tak sebatas itu saja, apakah kamu adalah orang yang pemalu saat/ketika wajib berkenalan langsung dengan seorang wanita? Apabila iya, maka media sosial adalah berita bagus bagi anda. Kamu tak lagi wajib menghadapi ketegangan, kegugupan, serta gemetar saat/ketika kamu mendekati seorang wanita. Lewat media sosial, kamu bisa mengatur langkah serta taktik kamu tanpa takut terkesan bagai seekor cacing kepanasan lagi. Komunikasi lebih gampang mengalir dibandingkan waktu kamu berkata langsung.

2. Memperluas pergaulan

Media sosial membikin kamu bisa mempunyai tak sedikit koneksi serta jaringan yang luas. Pasti saja itu berdampak positif apabila kamu ingin memperoleh kawan serta pasangan nasib dari tempat yang jauh bisa juga negara asing.

3. Jarak serta waktu bukan lagi masalah

Di era media sosial bagai kini ini, hubungan jarak jauh bisa juga long distance bukan lagi halangan besar (meskipun tetap sulit). Kamu tak lagi wajib mengirim surat tiap minggu terhadap pasangan kamu yang sedang bekerja di luar kota bisa juga luar negeri itu dikarenakan media sosial telah menghapus batasan jarak serta waktu bagi kamu yang wajib membina hubungan jarak jauh.

4. Lebih gampang dalam mengekspresikan diri

Media sosial memberikan sarana baru bagi manusia dalam mengekspresikan diri. Orang biasa, orang yang pemalu, bisa juga orang yang rutingugup mengungkapkan pendapat di depan umum pada akhirnya sanggup menyuarakan diri mereka dengan-cara bebas.
  
Namun, nyatanya media sosial TIDAK rutinmemberikan pengaruh yang bagus dalam hubungan sosial. Ada berbagai pengaruh negatif seperti:

1. Menjauhkan orang-orang yang telah dekat dengan kamu di kehidupan sehari-hari

Orang yang terjebak dalam media sosial mempunyai kelemahan besar yaitu beresiko melalaikan orang-orang di kehidupan sehari-harinya. Jangan heran apabila kamu lebih tak jarang menghabiskan waktu berinteraksi di dunia maya apabila kamu telah terjebak, apalagi kini teknologi device terus mempermudah kamu untuk mengakses internet. Kamu bakal mulai berpikir pergaulan lewat media sosial telah cukup. Singkatnya, yang jauh terus dekat, yang dekat terus jauh.

2. Rentan terhadap pengaruh kurang baik orang lain

Seperti di kehidupan sehari-hari, apabila kamu tak menyeleksi orang-orang yang berada dalam lingkaran sosial kamu maka kamu bakal lebih rentan terhadap pengaruh buruk. Bahkan menurut John Cacioppo, seorang peneliti dari Universitas Chicago, media sosial bisa mempengaruhi mood anda, tergantung dengan siapa kamu menghabiskan waktu serta terhadap siapa kamu memberikan perhatian di media sosial.

3. Persoalan privasi

Memiliki tak sedikit kawan di media sosial tak rutinmenguntungkan, khususnya apabila kamu tak jarang mengungkapkan sesuatu yang seharusnya tak diketahui orang lain. Media sosial bisa dengan gampang memperburuk citra diri kamu apabila kamu tak memanfaatkannya dengan benar itu dikarenakan apa yang kamu tulis, tautkan, serta unggah bisa dengan gampang dilihat oleh orang lain. Hubungan kamu dengan orang lain pun bisa terganggu apabila kamu menulis sesuatu yang tak pantas. Tidakhanya itu, apakah kamu sempat menyadari bahwa orang lain bisa mengenal kamu tanpa wajib tak jarang berkomunikasi dengan anda? Apabila kamu tak membatasi privasi di media sosial, maka media sosial cuma bakal berubah bumerang dalam nasib anda.

Selain facebook jejaring sosial  bisa memunculkan akibatperceraian jug bisa memunculkan konflik pribadi bisa juga berubah konflik masalah, ingatkah Kamu mengenai perseteruan antara bintang film yang kini anak buah DPR, Marrissa Haque dengan Adi  MS yang juga melibatkan anaknya, Vierra di Twitter berbagai bulan yang lalu. Serta saya juga sempat mengalami, tiba – tiba seorang kawan memberikan comment kata – kata kasar yang cenderung menghina serta tentunga tetap tak sedikit faktor – faktor negatif lainnya akibat media sosial ini.


KESIMPULAN :

Hendaknya  kita_semua jadikan Media Sosial –facebook, twitter serta Jejaring Sosial lainya — sebagai sarana hubungan – hubungan sosial yang positif yang edukatif,  informatif  bisa juga dakwah tak melulu membikin posting status yang mengajak faktor – faktor yang tak baik, santun serta bermartabat, anggaplah berjumpa di Jejaring Sosial bagai berjumpa dalam kenyataannya, saling hargai antara pemakai lainnya. Kamu wajib memahami mana yang boleh diungkapkan di media sosial serta mana yang tidak. Ingat! Media sosial bakal amatlah merugikan bagi kamu apabila kamu tak bisa melindungi privasi kamu sendiri.

Anda hendaknya wajib menyeimbangkan antara hubungan di dunia nyata dengan hubungan di media sosial. Kamu wajib bisa menjadikan media sosial sebagai sebuahtambahan berharga bagi pergaulan di dunia nyata, bukan malah menggantikannya.

Beri penjelasan  terhadap pasangan anda, bahwa Kamu tak melakukan faktor – faktor negatif di Facebook bisa juga jejaring sosial lainnya, jangan membikin status yang mencurigakan bisa juga merendah pasangan Anda, apabila mau curhat, curhatlah dengan-cara langsung. Jangan di Facebook seakan, Kamu tak percaya terhadap pasangan Anda.

Mungkin Kamu tergolong salah satu orang yang kecanduan Facebook. Kamu tak sendiri, ribuan bahkan jutaan orang di dunia seolah tersihir oleh Facebook. Menghabiskan tak sedikit waktu di depan komputer serta asyik menyibukkan diri sendiri dengan Facebook.

Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang amatlah berkembang sejak berbagai tahun belakang ini. Telah jutaan orang berubah member serta mempunyai account di Facebook, bersosialisasi dengan jutaan orang lainnya di dalam dunia maya.

Jejaring sosial di dunia maya terbukti sungguh luar biasa, sanggup mendekatkan satu orang dengan orang yang lain walau dipisahkan oleh jarak yang jauh. Tidakhanya itu, Facebook punya fitur tertentu yang memungkinkan orang untuk menulis status, ini berubah sejenis media curhat bagi membernya serta berinteraksi dengan orang lain.

Akibat Kecanduan Facebook

Semua hal yang ada di dunia selalu punya sisi positif dan sisi negatif. Facebook pun tak luput dari hal itu dan pasti memiliki pengaruh yang buruk bagi seseorang. 

  • Seseorang yang kecanduan Facebook akan memiliki rasa tidak peduli dengan keadaan sekitar. Ia lebih suka berada di depan komputer atau mengutak-atik ponselnya hanya karena Facebook.
  • Karena kurangnya rasa peduli (cuek), ia akan sulit untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau teman-teman di sekitarnya. Hal ini sangat buruk bagi perkembangan sosialisasinya di dunia nyata (sosialisasi secara langsung).
  • Mungkin ia akan terbiasa berkomunikasi dengan seseorang lewat dunia maya, tapi saat berkomunikasi dengan orang lain secara langsung, ia bisa saja canggung.
  • Bila seseorang sudah kecanduan Facebook, bukan tidak mungkin ia akan dijauhi oleh teman-teman di sekitarnya. Hal ini disebabkan semua teman-temannya merasa diabaikan dan tidak dipedulikan.
  • Bagi seorang pelajar, kecanduan Facebook tentu sangat merugikan. Ia akan lebih suka menghabiskan waktu dengan Facebook daripada buku-buku pelajaran. Hal ini jelas akan menyebabkan nilai prestasinya akan turun.
  • Sedangkan bagi seorang pekerja, kecanduan Facebook tentu akan mempengaruhi prestasi kerjanya. Prestasi yang semula baik, bisa merosot gara-gara Facebook.
  • Lupa waktu adalah pengaruh negatif Facebook yang sudah pasti terjadi. Seseorang yang sudah kecanduan Facebook, akan lupa waktu untuk belajar, beristirahat, bekerja, bahkan beribadah.
  • Kecanduan Facebook juga bisa berakibat buruk bagi pasangan suami istri. Sudah cukup banyak fakta yang menunjukkan bahwa kecanduan Facebook bisa menimbulkan perselisihan di dalam rumah tangga. Mulai dari perselisihan kecil, perselingkuhan, bahkan bisa berakhir pada perceraian.
  • Facebook bisa merenggangkan sosialisasi langsung. Hubungan antar keluarga atau teman mungkin memang tidak akan rusak, atau malah akan terjalin erat gara-gara Facebook. Tapi, karena kecanduan Facebook, proses silaturahmi secara langsung jadi jarang dilakukan.
  • Saat hari raya atau acara-acara tertentu, banyak yang hanya mengucapkan selamat lewat Facebook. Mereka menganggap itu cukup mewakili, padahal silaturahmi atau sosialisasi secara langsung sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat.
  • Tak hanya berdampak buruk dalam sosialisasi, tapi kecanduan Facebook bisa berakibat buruk pada kesehatan, khususnya pengguna komputer. Berlama-lama di depan monitor merupakan kebiasaan yang kurang baik, karena hal ini bisa memperburuk kesehatan mata.
  • Keuangan yang terus menipis juga merupakan salah satu akibat buruk kecanduan Facebook. Bila setiap saat menggunakan Facebook, Anda tentu akan menghabiskan sejumlah uang untuk itu. Bayangkan berapa rupiah yang akan Anda habiskan selama setahun hanya untuk Facebook, tentu bukan jumlah yang sedikit.

Itulah beberapa contoh akibat buruk dari kecanduan Facebook. Jejaring sosial memang sangat membantu kita untuk berhubungan dengan banyak orang, namun pemakaian yang bijak adalah pilihan yang tepat agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Supaya Tidak Kecanduan Facebook

Bagi yang telah kecanduan bermain facebook, maka pasti saja bisa meninggalkannya. Meski butuh perjuangan yang lumayan keras. Penulis dalam artikel ini bakal membeberkan berbagai trik yang bisa menyelamatkan diri dari kecanduan facebook bisa juga memberhentikan diri dari aktivitas bermain facebook berlebihan.

1. Jadikan bermain facebook di waktu yang tidak prioritas

Untuk berhenti dari kencanduan bermain facebook, bermainlah di waktu yang tidak prioritas. Yaitu, menjelang tidur. Dengan menggunakan_dengan waktu ini, Kamu bakal mengurangi waktu bermain facebook. Pasalnya, para pemakai facebook lainnya sedang tidak aktif. Maka Kamu pun nantinya tidak bersemangat dalam bermain facebook. Tidak bakal semangat berkomentar di status orang lain.

2. Perbincangan bisa juga Chat Dinonaktifkan

Mulai waktu ini, obralan bisa juga chat dinonaktifkan. Terkadang, yang membikin kita_semua betah bermain facebook itu dikarenakan ada kawan yang mengundang kita_semua berchat ria. Itu dikarenakan itu, apabila ingin selamat dari kecanduan bermain facebook, lakukanlah langkah kedua ini.

Penon-aktifkan perbincangan chat, bukan saja di siang hari tetapi juga sepanjang hari. Kamu boleh bermain facebook, tapi tidak untuk membuka ruang chat. Apabila ruang chat telah dibuka, maka alamat Kamu bakal sehingga kecanduan chat. Apalagi, apabila yang mengundang Kamu chat merupakan lawan tipe bisa juga kawan yang telah lama sekali tidak berjumpa dengan Anda.

3. Jangan Biasakan Buat Status

Untuk menyelamatkan Kamu dari kecanduan bermain facebook, maka mulai waktu ini hentikan kebiasaan Kamu yang setiap hari membikin status. Kurangi kebiasaan tersebut. Apabila dalamwaktu ini sehari bisa lima sampai-pada tujuh kali buat status, cobalah berangsur-angsur untuk mengurangi.

Selain itu, jauhi juga membikin status lebay bisa juga status curhat. Tapi buatlah status positif bisa juga status yang berisi pernyataan tokoh-tokoh terkenal. Apabila ini dilakukan bakal sedikit sekali orang yang berkomentar di wall Anda, maka bakal berkuranglah aktivitas Kamu bermain facebook.

Status yang dibangun terbukti berubah salah satu penyebab kita_semua berubah kecanduan bermain facebook. Apalagi andai status kita_semua menghina bisa juga mengejek seseorang, maka bakal tidak sedikit yang ikut mengomentari.

4. Jangan Buat Notifikasi yang Terhubung ke Ponsel

Terkadang, kita_semua suka sekali membikin terhubungnya facebook ke telepon seluler (ponsel). Apabila ini dilakukan, maka bakal membikin kita_semua kecanduan bermain facebook. Pasalnya, setiap kali ada pengumuman bisa juga bunyi di ponsel Kamu bakal membikin Kamu berminat untuk membukanya. Apabila telah demikian, maka yang terjadi Kamu bakal ketagihan bermain facebook. Begitu Kamu membuka, lalu ada yang berkomentar maka Kamu pun bakal betah bermain facebook. Apalagi, begitu Kamu memberikan komentar langsung memperoleh balasan.

Maka dari itu, persempitlah langkah serta gerak Kamu menuju facebook. Bahkan usahakan hari-hari Kamu tidak terhubung dengan facebook. Terbukti apabila telah kecanduan facebook bakal menurunkan produktivitas bekerja. Tidak menghubungkan notifikasi facebook ke ponsel bisa juga ponsel Kamu merupakan petunjuk paling baik yang mesti dilakukan.


Penggunaan Facebook Tidak Seluruhnya Buruk

Setelah mengulas mengenai akibatburuk serta berbagai langkah memberhentikan kecanduan kepada facebook, penulis merasa adil bahwa facebook tidak semuanya buruk. Facebook juga bisa memberikan kegunaaan yang luar biasa.

1. Bagi Penulis

Bagi penulis, facebook memberikan akibatpositif. Dengan bergabung di komunitas para penulis yang terbentuk dalam grup bisa memberikan kesempatan untuk partisipasi dalam proyek penulisan. Lumayan tidak sedikit grup penyuplai penjembatan antara penulis serta penerbit bisa juga antara penuli dengan pemilik web.

Sehingga memberhentikan dengan-cara total penggunaan facebook pasti saja tidak cocok bagi penulis. Namun mengurangi penggunaan facebook merupakan tepat. Itu dikarenakan facebook bisa memberhentikan produktivitasnya dalam menulis. Oleh itu dikarenakan itu, para penulis mesti menentukan kapan saatnya boleh bermain facebook.

Jangan hinggawaktu sedang menulis tetap bisa membuka facebook. Apabila in terjadi bakal menghalangi penulis untuk mengalirkan ide dengan cepat. Mestinya saat/ketika sedang menulis hentikan sementara penggunaan facebook.

2. Bagi Para Pengusaha

Facebook juga bisa dijadikan ajang promosi barang yang didagangan. Itu dikarenakan itu, Kamu mesti bisa memperhatikan kapan penggunaan facebook bisa dilakukan. Kamu tidak mesti menutup total penggunaan facebook, tapi Kamu bisa membatasi diri dalam bermain facebook.

Pembatasan yang dilakukan merupakan dengan petunjuk memperhatikan siapa yang komentar. Apabila komentarnya cuma untuk canda-candaan maka Kamu mesti memaksa diri untuk tidak menjawabnya. Namun bila komentar yang tersedia di wall Kamu merupakan mengenai barang yang Kamu dagangkan, maka Kamu mesti menjawabnya.

Kepintaran Kamu memanfaatkan waktu serta pemaksaan diri dari keinginan bermain facebook yang sia-sia bakal memberikan keuntungan yang besar bagi Anda. Apabila bukan Kamu yang mengawasi diri, siapa lagi.

Disalin dari : https://www.facebook.com/notes/j-ust-van/dampak-negatif-facebook-bagi-pasangan-suami-istri/199884093512830/
Baca selengkapnya.....


Itulah tadi Artikel Pengaruh baik dan buruk Sosial media Yang perlu kita tahu
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Pengaruh baik dan buruk Sosial media Yang perlu kita tahu yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Pengaruh baik dan buruk Sosial media Yang perlu kita tahu. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2017/08/pengaruh-baik-dan-buruk-sosial-media.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post