Growol Makanan kas kulonprogo


Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Growol Makanan kas kulonprogo, Kami berharap isi postingan Artikel info kulon progo, Artikel Kuliner, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Siapa yang belum pernah mendengar kata Growol? Ya, Growol adalah jenis makanan yang umumnya hanya dikonsumsi oleh orang-orang di pelosok pedesaan. Makanan yang satu ini bisa ditemukan di Kabupaten Kulonprogo. Makanan yang mirip nasi ini terbuat dari bahan umbi ketela pohon, yang ternyata tidak hanya dikonsumsi masyarakat menengah ke bawah saja melainkan juga disukai oleh kalangan atas.

Pembuatan growol diawali dengan mengupas ketela pohon. Setelah itu, ketela direndam selama tiga hari tiga malam berturut-turut. Kemudian ketela dicuci dan digiling, untuk kemudian dikukus dan dikemas dalam plastik atau keranjang bambu.

Meskipun rasanya hambar, namun masyarakat Kulonprogo dan sekitarnya meyakini bahwa mengkonsumsi Growol dapat menjaga kesehatan, sekaligus dapat mengobati mereka yang menderita sakit diabetes melitus atau penyakit gula. Untuk mengurangi rasa hambar, Anda bisa menyantap growol bersama Ketak dan Pento yang terbuat dari kelapa.

Growol memang banyak dimakan oleh petani, terutama saat musim panen tiba, sebagai pengganti nasi saat para petani memanen padi di sawah. Berbeda dengan nasi (pagi dimasak, kadang sore sudah basi), Growol justru bisa tahan hingga empat hari.

Makanan khas ini tidak bisa dijumpai di daerah lain selain di Kabupaten Kulonprogo dan sekitarnya. Meski makanan tradisional ini belum cukup familiar didengar masyarakat kebanyakan, namun Growol mampu menjadi makanan pengganti nasi. Rasa boleh hambar, tetapi Growol bisa juga dijadikan makanan saat Anda ingin diet.

Growol juga bisa disantap bersama Ketak dan Pento. Kedua makanan yang berasal dari kelapa ini bisa menjadi pelengkap ketika menyantap Growol dan ini biasanya dijual dalam satu paket. selain itu growol juga juga sangat cocok jika disantap bersama tempe benguk.

 Growol juga bisa disantap bersama Ketak dan Pento. Kedua makanan yang berasal dari kelapa ini bisa menjadi pelengkap ketika menyantap Growol dan ini biasanya dijual dalam satu paket.
Growol bisa Anda temui di pasar-pasar tradisional seperti  Pasar Wates. Tidak terlalu sulit menemukan penjual Growol, karena sebagian besar pedagang Growol berada di Lantai dua Pasar Wates. Letak Pasar Wates sendiri berada di pusat Kota Kulonprogo



Cara Membuat Resep Growol:

Hasil gambar untuk singkong
  • Kupas singkong, cuci bersih. Rendam dalam air selama 2 – 3 hari, tidak perlu mengganti air
  • Setelah 3 hari, angkat singkong dan tiriskan. Lalu tumbuk sampai halus, kukus hingga matang, angkat, tempatkan pada tampah, padatkan
  • Potong-potong panganan, hidangkan dengan kelapa parut
 
Referensi:

  • Pencarian Google
  • sumber dari pengamatan penulis


Itulah tadi Artikel Growol Makanan kas kulonprogo
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Growol Makanan kas kulonprogo yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Growol Makanan kas kulonprogo. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2014/12/growol.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post