Nyablon layout pcb menggunakan lotion anti nyamuk

Nyablon layout pcb menggunakan lotion anti nyamuk - Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan berbagai catatan sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Nyablon layout pcb menggunakan lotion anti nyamuk , kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel Skema elektronika, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Jangan lupa baca juga yaaaa artikel berikut ini :



 Lebih murah dan hasilnya OK! juga simpel karena:

1. Tidak harus pakai kertas photo, kertas kalender atau kertas lain yg harganya lbih dari 150rp/Lembar.
2. Tidak harus pakai printer laser jet.
3. Tidak harus membuat screen sablon yg biayanya tdk murah.
4. Tidak harus pakai setrika yg menggunakan daya listrik yg cukup besar.
5. Dll, dsb, dst.

Alat dan bahan:





1. Pcb polos
2. Photo copy layout pcb pada kertas hvs 70gr (Jangan photo copy menggunakan printer scaner)
3. Lotion anti nyamuk (Autan/Soffel)
4. Cairan ferric chloride
5. Plastik transparan (Plastik utk jilid) / Plastik mika
7. Uang koin 500

Cara menyablon:
1. Potong pcb sesuai ukuran layout pcb, bersihkan pcb dari kotoran, potong kertas layout pcb lebih lebar 1-2cm dari layout pcb, tempelkan kertas layout pada pcb (Photo copy layout menghadap permukaan pcb yg ada tembaganya) dan sesuaikan posisinya, lipat ujung kertas yg sudah ditempelkan ke bagian belakang pcb, rekatkan dgn isolasi bening agar kertas tidak bergeser.

2. Tuangkan lotion anti nyamuk secukupnya diatas piring, beri sedikit air agar tidak terlalu kental.

3. Oleskan lotion anti nyamuk pada bagian luar kertas layout yg sdh ditempelkan di pcb sampai merata.

4. Tutup kertas yg sdh diolesi lotion anti nyamuk dgn pelastik transparan.

5. Gosok layout yg sdh diolesi lotion anti nyamuk menggunakan uang koin sampai merata, yg digosok plastik transparannya, plastik transparan berguna untuk menghindari kertas sobek saat proses penggosokan dgn koin, gosok 2-3 menit.

6. Sebelum kertas menjadi kering atau jika kertas keburu kering rendam dlm air dingin sampai kertas menjadi lunak. Untuk melepas kertas pilih salah satu cara berikut:

A. Kelupas kertas dgn pelan2 dan hati2 agar kertas bisa lepas dari pcb, jika ada layout yg ikut terkelupas jgn dipaksakan, gosok ulang pada bagian tsb.

B. Gosok/tekan kertas pelan-pelan dengan jari sampai semua kertas terlepas dari pcb.

Bersihkan sisa kertas halus diantara trace (jalur) dengan cara dikerik menggunakan obeng kecil. Sisa kertas halus ini akan mempengaruhi waktu pelarutan juga hasil akhir pcb.
.
7. Periksa layout yg sdh menempel di pcb, jika ada jalur yg tipis tebalkan menggunakan spidol permanent, bersihkan sisa kertas di luar jalur pcb agar proses pelarutan bisa lebih cepat
.
8. Larutkan dlm cairan fero clorite seperti biasanya.

9. SELAMAT MENCOBA...

Silahkan dibagikan atau dicopas, yg sdh nyoba dan berhasil silahkan bagi2 pengalaman dan photonya di komentar.

NB:
Supaya layout bisa menempel maksimal pada pcb, dapat dilakukan kombinasi penggosokan kertas. Pertama gosok dengan koin selama 1-2 menit kemudian digosok dengan setrika panas sampai kertas menjadi kering dan menempel pada pcb

Contoh:


sumber.http://herydwikusuma.blogspot.co.id/2015/02/cara-laptop-sbg-osiloscope.html


Itulah tadi Artikel Nyablon layout pcb menggunakan lotion anti nyamuk
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Nyablon layout pcb menggunakan lotion anti nyamuk yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Nyablon layout pcb menggunakan lotion anti nyamuk . jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2015/12/nyablon-layout-pcb-menggunakan-lotion.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post