Cara membuat batrae alternatf pada jam dinding


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara membuat batrae alternatf pada jam dinding, Kami berharap isi postingan Artikel Skema elektronika, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga






Apa kabar kaan kawan . jumpa lagi setelah  setelah sekian lama blog ini gak di update aaaa karena banyak urusan yang perlu didahulukan yaa begitulah. Pada postingan yang ini aku terinspirasi melihat tumpukan barang-barang rongsok yang ada di gudang aku melihat ada beberapa jam dinding sekitar ada 4 buah semuanya kondisinya sudah tidak beres. Ada yang sering mati ada yang sudah gak mau bergerak sama sekali, mungkin koma ya hehehe. Ya aku lalu mengambil barang barang tersebut lalu aku bongkar satu persatu.

Jam dinding sekarang mudah kok bongkar pasangnya. Gak serumit  yang kita bayangkan. Nah setelah jam dinding berhasil dibongkar maka aku kemudian mengambil multitester lalu aku cek bagian per pada baterai ternyata jarum multitester gak mau bergerak sama sekali. Nah dengan gejala seperti ini kita jangan buru-buru menganggap kalau jam itu sudah rusak.

Langkah berikutnya adalah  kita cek pada pcbnya. Menurut yang sering saa alami kebanyakan jam dinding rusak karena per atau plat logam yang menghubungkan batrae dengan rangkaian elektronik  terhalang oleh kerak pada pcb. Andai saja itu  kerak nasi pasti sudah aku santap, eealaaah malah guyon to piye iki.

Yo wis sekarang dilanjut aja untuk membersihkan kerak tadi dengan silet dengan cara dikerik hati – hati ya jangan sampai melukai komponen di sekelilingnya. Jangan lupa plat logam\per nya juga harus dibersihkan.  Oke sekarang kita tes aja kalau mahnit bergerak berarti koneksi baik. Tetapi kalau diam ya jelas mati to hehehe. Untuk mencobanya cukup pasang gigi pada magnit saja kalau sudah jelas hidup baru di pasang seperti semula.

Tetapi kalau saya peribadi biasanyaper gak saya pasang tetapi saya solder sambung kabel antara PCB dengan baterainya agar kontak lebih baik alias gak kendor lagi. Tetapi kendalanya pas mau ganti batrai repot harus mencopot pakai solder lagi. Untuk itulah karena saya males masangnya makanya saya menggunakan batrai hp sebagai sumber tegangannya. Tetapi harus  dipasang regulato terlebih dahulu agar tegangan bisa setabil pada tegangan kisaran 1.3 – 1.4 volt. Sebenarnya itu masih kurang katena setandartnya adalah 1.5 volt dc.

Regulator ini tak hanya bisa untuk baterai hp pada inputnya tetapi kita bisa menggunakan aki 12volt untuk menyalaan jam dinding. Mungkin anda akan bilang Cuma jam dinding ngapain pakai aki motor. Nah ini kan Cuma pilihan saya gak menyarankan.

Saya hanya mengasumsikan saja. Karena dirumahku aku memasang lampu lampu LED pada kamar kamar menggunakan kabel yang dipasang mirip instalasi listrik PLN. Tetapi menggunakan sumber dari aki motor bekas yang yang saya perbaiki sebsanya. Aki tersebut aku charge pakai adaptor 15volt  0.5 Ampere. Memang jumlah ampere masih terlalu kecil tetapi tak mengapa karena aku hanya menggunakan barabf bekas se adanya.

Kembali ke masalah  jam dinding  tadi   kita bisa juga menghubungkan jam dinding dan lampu pada aki tersebut. Tetapi kalau saya menggunakan baterai hp bekas yang saa buang regulatornrnya. Kalu baterai mati tinggal charger aja aku menchage gak menunggu sampai mati karena charger aku hubungkan dengan lampu kamar tidur. Jadi kalau lampu kamar nyala otomatis baterai jam ikut diisi.

Sekema regulator untuk jam dindingnya kamu bisa lihat gambar berikut ini


R
220-330 ohm
D1
3,6 – 3,8volt
D2, D3, D4
IN4007
Q        
FCS9013

Ralat: dioda IN4007 harusnya 3 buah dipasang seri


Itulah tadi Artikel Cara membuat batrae alternatf pada jam dinding
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara membuat batrae alternatf pada jam dinding yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara membuat batrae alternatf pada jam dinding. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/02/cara-membuat-batrae-alternatf-pada-jam.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post