TATA KRAMA DALAM PERGAULAN


Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul TATA KRAMA DALAM PERGAULAN , Kami berharap isi postingan Artikel Gaya hidup, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Kedengarannya memag sepele. Hanya bergaul saja kok banyak aturan, emang harus pakai auturan macem-macem. Mungkin kita sendiri tidak menyadari bahwa selama ini kita tidak memperdulikan aturan dalam bergaul. Dan sepertinya biasa aja gak ada masalah apapun. Itukan kata kita sendiri. Tetapi taukah kita bahwa diluar sana orang – orang pada menggunjing kita saat mereka berkumpul dengan teman teman lain. Kia bisa mengambil contoh pas kita lagi nongkrong dijalanan. 

Ada seorang warga yang melintas dijalanan didekat kita dan teman teman kita . memang kita dan teman teman menyapa orang tersebut dengan kalimat dan bahsa yang baik. Tetapi pernahkan kita mendengar ada salah satu dari kelompok kita yang saat itu sedang bersama sama ngobrol bareng bareng tiba tiba beralih topic dengan membicarakan orang yang baru melintas tadi? Saya rasa gak Cuma pernah, ttetapi memang sudah menjadi tradisi dari masyarakat Indonesia seperti itu. Masalah topiknya tergantung dari objecnya. 

Jika orang yang melintas tadi adalah aorang yang kerjanya Cuma bikin gemes orang lain pastilah bahan pembicaraannya juga yang jelek jelek. Mereka akan ngomongin orang tadi yang jelek jelek. Tetapi jika orang yang barusan lewat adalah orang yang berbudi pekerti baik dalam pergaulan pasti bahan pembicaraannya yang baik baik juga. Itulah pentingnya sebuah etika atau tatakrama dalam pergaulan. Yang jelas bukan kita yang menilai diri kita tetapi orang disekeliling kita yang akan menilai perilaku kita sendiri 

Tata krama dalam pergaulan merupakan aturan kehidupan yang mengatur hubungan antar sesama manusia. Tata krama pergaulan berkaitan erat dengan etiket atau etika. Kata etiket berasal dari bahasa perancis Etiquette yang berarti tata cara bergaul yang baik, dan etika berasal dari bahasa latin Ethic merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut Budaya, Susila dan Agama. 


Dasar - dasar etiket itu sendiri terdiri dari :

Bersikap sopan dan ramah kepada siapa saja.
Kita sebagai orang timur memiliki etika yang ramah tamah dan sopan kepada siapapun. Karena jika kita ingin dihormati kita pun juga harus menghormati orang lain. Orang jawa bilang, “ Sopo nandur ngunduh, sopo gawe nganggo” yang berate siapun yang menebar benih dialah yang akan menuai, dan siapa yang membuat maka dialah yang akan memakainya. Jadi jika kita bersikapp santun dan menghormati orang lain, maka orang lainpun akan bersikap sama kepada kita. 


Memberi perhatian kepada orang lain.
Berikan perhatian kepada orang lain, karena dengan memberikan perhatian itu merupakan salah satu sikap menghargai orang lain. Orang yang kita perhatikan akan merasa dihormati dan pada akirnya diapun akan menhargai kita.kalau sudah terjalin sikap saling menghargai saya rasa keakraban dalam pergaulan akan terjaga dan gak ada lagi perselisihan.


Berusaha selalu menjaga perasaan orang lain.
Setiap manusia memiliki hati. Mereka bisa merasakan sakit hati jika kita bersikap meremehkan orang lain. Bahkan orang gila yang ada dijalan jalanpun masih punya hati. Dia bisa marah kalau kita perlakukan tak sewajarnya sebagai manusia.

Bersikap ingin membantu.
Bersikaplah selalu ingin membantu kepada orang lain. Jika sikap ini kita pupuk maka rasa kebersamaan akan terjaga dan akhirnya akan menjadi tradisi timur yang menjunjung tinggi sikap kegotong roongan.
Memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Hormati dan hargai pendapat orang lain karena setiap individu memiliki hak asasi sendiri. Mereka punya hak yang sama dengan kita.

Dapat menguasai diri, mengendalikan emosi dalam situasi apapun.
Dengan mengendalikan emosi kita maka dalam menghadapi masalah apapun akan tenang dan akan lebih mudah dipecahkan jika kita lakukan tanpa emosi. Karena emosi hanya akan memperkeruh keadaan.
Jadi pada prinsipnya dalam etiket anda harus ' Selalu berusaha untuk menyenangkan orang lain.





Itulah tadi Artikel TATA KRAMA DALAM PERGAULAN
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel TATA KRAMA DALAM PERGAULAN yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel TATA KRAMA DALAM PERGAULAN . jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/02/tata-krama-dalam-pergaulan.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post