Mengintip kehidupan rayap.


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Mengintip kehidupan rayap., Kami berharap isi postingan Artikel pengalamanku, Artikel uncategory, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


Ilustrasi rayap

Rayap ya ini adalah sebuah nama dari salah satu jenis seranggan yang memiliki kehidupan beerkoloni. Rayap merupakan serangga perusak terutama pada bangunan kau dan buku buku dalam lemari. Hingga menyebabkan kerusakan parah akibat di makan oleh kumpulan serangga ini.

Rayap merupakan dari jenis semut yang memiliki kehidan berkoloni. Artinya binatang tesebbut tidak hidup secara mandiri. Tetapi ber masyarakat layaknya sebuah pemerintahan. Rayap juga memiliki wilayah memiliki pemimpin, memiliki prajurit atau tentara dan sebagian lagi adalah pkerja. Rayap pekerja inilah yang memiliki jumlah paling besar dalam satu koloni. Rayap memiliki senjata berupa racun yang terdapat pada air liurnya.  
Ilistrasi rayap pekerja dan prajurit

Tugas rayap pekerja adalah mencari makan membangun sarang dan merawat ratu serta menjaga telur telurnya. Sedangkan rayap prajurit adalah menjaga kerajaan dari serangan musuh . biasanya rayap prajuri selalu berjaga jaga di pintu sarang merekan . lihat saja jika anda menemukan Gumuk atau gundukan tanah yang di buat oleh rayap. Coba anda bongkar nanti anda akan mendapati beberapa ekor rayap yang memiliki kepala besar dan taring panjang. Itulah rayap prajurit. Kemudian coba anda sentuh beberapa ekor rayap daru yang kepala kecil sampai kepala besar tadi. Biasanya sikepala besar tadi akan menggigit anda dan rata rata mereka gak takut mati. Gigitannya tetap kuat gak mau melepaskan gigitannya dan dari mulutnya akan mengeluarkan cairan yang akan mengaliri luka gigitan tadi. Bagi kita memang hanya berakibat sakit saja . tetapi untuk binatang tertentu air tadi mengandung racun yang mematikan. Syukurlah kita bisa tahan dengan racun tadi. Allah memang maha besar.
Ilustrasi laron kawin dan terbang

Dalam musim hujan koloni rayap ini akan melahirkan ratu ratu baru. Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui seperti apa ratu rayap. Dan seperti apa calon ratu rayap.  Untuk ratu rayap memang tak mudah kita lihat karena letaknya didalam rimah mereka didalam tanah. Tetapi calon ratu rayap saya yakin semua pembaca sudah pernah melihat walaupun belum mengetahui yang sebenaranya. Yang saya maksud calon ratu baru itu adalag Laron adalam bahasa jawa, atau dalam bahasa Indonesia di sebut anai anai.  Jika sudah tiba waktunya melakukan perkawinan maka laro laron ini akan terbang keluar sarang dan tidak akan kembali lagi selamanya. Pada waktu akan melakukan perkawinan laron ini akan terbang kesana kemari hingga pada akhirnya dia akan hinggap disuatu tempat. Kemudian akan mematahkan sayapnya dengan cara  menariknya kedepan. Pada saat inilah laron ini akan melakukan perkawinan. Biasanya laron jantan akan berjalan mengikuti laron betina kemanapun pergi. ak alai di lihat seperti mobil atau truk gandeng saja. Jika yang depan belok kanan belakangnya juga belok kanan. Karena kepala laron jantan ini akan selalu berusaha menempel pada pantat laron betina. Hingga pada akhirnya mereka akan menemukan tempat yang cocok untuk masuk kedalam tanah dan mendirikan sebuah kerajaan baru yang di pimpin oleh se ekor ratu muda. Hingga nanti akan berkembang menjadi kerajaan yang besar.
Ilustrasi ratu rayap


Terus bagai mana dengan kerajaan laron yang di tinggalkan? Kerajaan ini akan terus berjalan seperti biasanya hingga saatnya pergantian ratu dilaksanakan. Pergantian ratu ini akan dilakukan jika sang ratu  sudah tidak bisa bertelur lagi. Karena tugas ratu adalah bertelur terus menerus. Jika ini terjadi maka ratu rayap akan dibunuh oleh rakyatnya sendiri dan akan menjadi santapan mereka.

xx1
wonglendah on tokopedia
xx2






Itulah tadi Artikel Mengintip kehidupan rayap.
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Mengintip kehidupan rayap. yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Mengintip kehidupan rayap.. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/03/mengintip-kehidupan-rayap.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post
13 December, 2016

saya tidak bosan membaca blog nya
terimakasih gan

Reply
avatar