Cara membuat charger batrai hp darurat


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara membuat charger batrai hp darurat, Kami berharap isi postingan Artikel Skema elektronika, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



ILUSTRASI CHARGER
sumber gambar http://www.lebahmaster.com/wp-content/uploads/2015/01/Cara-Charger-Hp-Yang-Benar.jpg

Artikel ini terinspirasi ketika saya memiliki hp. Tetapi saya sempat dibikin bingung karena pas lagi gak ada duit ternyata baterai hp ku dah ngajak ganti yang baru. Mending – mending masih bisa di charge. Bateraiku sudah benar benar gak mau di isi sama sekali pakai hp. Akhirnya mau tidak mau saya harus ganti batrai . saya sering nemui baterai hp yang sudah gak mau diisi pakai hp dan aku tak pernah membuangnya. Karena baterai hp bekas banyak manfaatnya. Antara lain buat senter LED lumayan gak perlu beli baterai. Kalau habis cukup di charge saja.



Terus gimana cara chargenya. Kan baterainya gak mau di isi. Ada cara lain untuk mengisi baterai yang sudah gak mau di isi. Coba anda isi dengan pengisi hp yang di jepit itu. Biasanya mau diisi. Kalau tatap gak mau diisi kemungkinan regulator baterai dah rusak. Kalau Cuma buat senter bongkar aja baterainya lalu buang saja regulatornya. Kemudian cell batrai kita solder bagian terminal positif dan negatifnya. Ingat supaya jangan keliru nanti saat nyambungnya gunakan warna merah dan hitam untuk kabel nya.

Setelah selesai menyolder baterai tersebut lakukan pengisian batrai dengan desktop chrger / charger jepit. Buarkan beberapa saat kira kira 10 menit. Coba cek baterai dengan volt meter atau menggunakan LED putih/biru yang dipasang seri dengan dioda 1N4007. Dioda ini bisa diambil dari bekas lampu LHE biasanya banyak ada sekitar 4 sampai 6 buah anda bisa melepas satu aja untuk memasangnya pada LED ini. Fungsi dioda ini adalah  untuk memotong tegangan 0.7 volt agar LED tidak terbakar. Banyak yang membuat artikel menyalakan LED dengan batrai bekas HP tanpa dioda. Untuk jangka pedek sepertinya gak beresiko. Namun untuk jangka panjang LED akan panas dan cepat mati. Hal ini sudah saya buktikan saya bahkan sudah beberapa kali korban LED hangus gara gara dipasang tanpa dioda. LED putih/biru hanya mapu dialiri tegangan maksimal 3.7 volt. Sedangkan baterai HP tegangan nominal 3.7 volt. Jika dilihat memang gak berbahaya bagi LED karena Cuma selisih 0.1 volt saja. Tetapi rupanya para penulis artikel ini lupa bahwa baterai HP ang di isi hingga penuh akan memiliki tegangan 4 volt. Coba saja anda isi baterai sampai indikator menunjukan skala penuh. Lepas dan ukur dengan volt meter menggunakan skala paling rendah (10volt) nanti anda akan tahu berapa tegangan baterai sebenarnya.



Seperti judul artikel ini, yang kita butuhkan adalah yang serba darurat. Maka charger yang akan saya bagikan gambarnya ini adalah charger darurat. Sumber tegangan bisa dari adaptor, aki motor atau aki mobil. Cara mengisinya diluar HP. Tetapi ada banyak blog yang juga menggunakan skema ini buat charger HP langsung ke Hpnya. Emang bisa tetapi dioda pada output IC 7805 dihilangkan. Karena tegangan standart input untuk mengisi HP yang menggunakan batrai 3.7 volt adalah 5 volt.

Carger ini tak hanya buat ngisi batrai HP saja tetapi bisa juga buat ngisi batrai kering yang sering dipakai buat ngisi lampu senter atau music box dan lain lain yang memiliki tegangan 4 volt.

Dibawakh ini adalah gambar skema dan gambar PCB jika anda ingin membuat PCBnya. Kalaupun tidak pakai PCB juga sah – sah saja karena komponen yang digunakan Cuma sedikit.

Gbr. Skema carger darurat

Penting !!

Gunakan charger ini hanya sebagai charger darurat. Seperti judul diatas. Dan saya sarankan hanya untuk mengisi baterai diluar hP. Saya tidak menganjurkan anda mencolokkan langsung di HP. Skema ini sudah saya gunakan hampir 1 tahun tidak ada masalah. Dan sudah digunakan banyak orang.



Itulah tadi Artikel Cara membuat charger batrai hp darurat
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara membuat charger batrai hp darurat yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara membuat charger batrai hp darurat. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-charger-batrai-hp-darurat.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post