Cara mengenali beras diberi pemutih


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara mengenali beras diberi pemutih, Kami berharap isi postingan Artikel Kuliner, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





Ada banyak cara yang dilakukan pedagang untuk mencari keubtungan pribadi semata. Namun tak menghiraukan oran lain. Apalagi jika itu menjurus kepada tindakan melanggat hukim. Semakin ketatnya persaingan dagang mka ada banyak cara yang dilakukan pedagang nakal untuk membuat dagangannya eakan yang paling nomor 1. Namun mereka lupa bahwa sepadai pandainya tupai melompat pasti suatu ketika akan jatuh juga.

persaingan bisnis akan membawa keekonomian pada harga-harga komoditas. Tetapi  terkadang sering terjadi persaingan bisnis yang tidak sehat. Saat ini  beras di pasaran yang mengandung bahan-bahan kimia pemutih, pelicin dan pewangi.

Hal ini yang sering dilakukan oleh sebagian pedagang nakal untuk membuat tampilan dagangannya terlihat lebih putih dan beraroma wangi. Mereka sering menambahkan bahan bahan pemutih yang sebenarnya bukan untuk dimakan. Tetapi mereka lakukan demi dagangannya laku keras. Harapannya konsumen tertipu agar beras bermutu buruk bisa dihargai lebih tinggi.Tentunya kondisi ini sangat mengkhawatirkan bagi kita. Selanjutnya, bagaimana agar kita bisa mengenali beras bebas pemutih?


Secara alami memang terdapat beberapa varietas beras yang berpenampilan putih dan bersih. Namun perlu diketahui bahwa warna alami beras adalah bening kekuningan kecuali pada jenis beras ketan. Agar penampakan beras terlihat lebih bersih, biasanya beras digiling secara berulang kali agar kulit ari yang berwarna kekuningan terkikis. Dengan mengikis kulit arinya kita akan mendapatkan beras yang lebih bersih dan putih, meskipun sebenarnya kandungan vitamin pada kulit ari ikut terbuang. Nah, bagaimana kita bisa mendapatkan beras bebas pemutih berikut cara-caranya.

Untuk mengetahui secara pasti apakah beras yang kita beli mengandung zat berbahaya, tentunya perlu penelitian laboratorium. Namun bukan berarti masyarakat umum tidak bisa mengenalinya. Guru besar Institut Pertanian Bogor, Dr. Tien R. Muchtadi, memberikan cara mengidentifikasi bahan-bahan kimia tak lazim yang ditambahkan pada beras. Tips ini menolong kita mengenali pemutih, pelicin dan pewangi hanya dengan menggunakan indra kita.

1.
Bila kita mendapatkan beras dengan warna terlalu putih dan ketika diraba terasa licin di telapak tangan, bisa dicurgai kalau beras tersebut mengandung pemutih.
2

Beras yang telah ditambahkan pemutih mengeluarkan bau yang tidak lazim seperti bau kimia. Bila disimpan selama beberapa hari akan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Ketika dicuci, air hasil cucian tidak keruh dan ketika dimasak nasinya berasa sedikit asam.
3.
Zat klorin biasanya digunakan untuk memutihkan warna beras. Beras yang sudah diberi klorin berwarna putih pekat, tidak bening.
4.
Beras yang mengandung klorin, ketika dimasak tidak tampak seputih semula dan tentunya rasanya kurang enak.
5.
Kenali jenis-jenis beras yang beraroma wangi, misalnya pandan wangi. Beras jenis ini bentuknya cenderung membulat, tidak memanjang. Bila menemukan beras yang tidak sesuai dengan ciri-ciri pandan wangi tetapi berabau  dicurigai menggunakan pewangi.
6.
Ambil segengam beras lalu remas dengan telapak dan jari tangan. Beras dengan tambahan pelicin biasanya akan terasa licin saat diremas, namun ketika dilepaskan banyak butiran yang menempel pada tangan kita.



Itulah tadi Artikel Cara mengenali beras diberi pemutih
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara mengenali beras diberi pemutih yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara mengenali beras diberi pemutih. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/05/cara-mengenali-beras-diberi-pemutih.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post