Skema inverter 50 watt


Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Skema inverter 50 watt, Kami berharap isi postingan Artikel elektronika, Artikel Skema elektronika, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


  

Apa itu inverter. Inverter adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengubah arus DC tegangan rendah ke arus AS tegangan tinggi. Atau bisa juga ketegangan sesuai yang anda unginkan. Inverter ini biasanya digunakan sebagai alat cadangan pada perangkat elektronik yang menggunakan arus AC 220 volt. Biasanya sering dipakai sebagai sumber tegangan cadangan misalnya untuk membuat UPS atau sumber tegangan pada alat lain. 



Bagi yang malas bikin atau tidak punya waktu luang untuk membuatnya anda bisa beli ditoko listrik sekarang sudah banyak dijual dengan harga dan kualitas yang bervariasi. Tetapi bagi anda yang memang peng hoby elektro saya yakin pasti memilih bikin sendiri dari pada beli jadi walaupun kadang membuat sendiri itu malah menghabiskan biaya yang lebih besar dari pada beli jadi. Namun kepuasan dalam diri kita akan membuat kita bangga dengan apa yang telah kita buat. Karena ini menyakut keahlian kita.


Misalnya seorang tukang cukur/salon yang sedang mencukur pelanggan tiba – tiba listrik mati. Padahal dia menggunakan gunting listrik. Ketika kejadian inilah maka fungsi inverter akan berguna menggantikan sumber tegangan dari PLN 220volt tadi. Namun perlu di ingat inverter memiliki keterbatasan daya dan lama pakai.

Daya tergantung dari pembuatan alatnya. Sedangkan lama pakai tergantung dari kapasitas baterai yang digunakan sebagai sumbr tegangan inputnya.  Semakin   besar kapasitas baterai maka daya pakaipun akan semakin lama. Namun juga dipengaruhi beban outputnya. Jika menggunakan beban output besar maka akan lebih cepat lagi masa pakainya.


Rangkaian inverter yang saya buat ini adalah saya ambil dari sebuah rangkaian yang aya salin dari RONICA, namun sudah saya gambar ulang karena saya harus menggambar PCB nya sehingga penggambaran ulang harus saya lakukan untuk mengkonversi gambar sekeka ke gambar PCB nya. Dalam skema dibawah ini output daya yang dihasilkan adalah 50 watt. Demikian yang di tuliskan pada judul skema yang ditulis RONICA. Namun saya peribadi jujur saja belum pernah membuat dan mengetes outputnya berapa daya murni yang dihasilkan.



Maksud dari postingan saya ini semata mata hanya untuk memberikan solusi buat para hoby elektro untuk memanfaatkan barang barang bekas disekitar kita yang mungkin dah tidak pernah dipakai lagi. Dengan ide ini mungkin bisa digunakan untuk keperluan lain. Mungkin anda dirumah punya Trafo  adaptor yang sudah lama menghuni ruangan gudang anda, alangkah baiknya jika dimanfaatkan kembali. Sayang kan trafo 5 ampere itu mahal kalau Cuma disuruh menghuni gudang rasanya eman eman hehehe itu bahasa saya  sebagai orang jawa dan bersetatus sebagai orang kurang mampu. Tapi mungkin bagi anda itu tak masalah karena dompet masih tebal.



Dibawah  ini adalahah gambar skemanya, setelah anda selesai membuat jangan lupa pasang dulu pendingin pada transistor D313 agar tidak kepanasan yang akan menyebapkan transistor mati. Pasang transistor dluar PCB saja dan ditempelkan pada Plat pendiginnnya.






Dafatar Komponen:
R1, R2      : 220 ohm
R3,R4       : 1k
Q2, Q4     : C372
Q3, Q1     : D313
D1           : 1N5402
T1           : trafo adaptor 5 ampere – CT





























Itulah tadi Artikel Skema inverter 50 watt
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Skema inverter 50 watt yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Skema inverter 50 watt. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/05/skema-inverter-50-watt.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post