Tips cara mudah menanam jeruk nipis dari pucuk daun dan ranting

Tips cara mudah menanam jeruk nipis dari pucuk daun dan ranting - Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan berbagai catatan sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Tips cara mudah menanam jeruk nipis dari pucuk daun dan ranting, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel pertanian, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Jangan lupa baca juga yaaaa artikel berikut ini :



khasiat jeruk nipis buat diet, khasiat jeruk nipis bagi ibu hamil, khasiat jeruk nipis buat kecantikan, khasiat jeruk nipis buat jerawat, khasiat jeruk nipis bagi lambung, khasiat jeruk nipis buat kulit wajah, khasiat jeruk nipis campur madu, khasiat jeruk nipis campur kecap, khasiat jeruk nipis, khasiat jeruk nipis campur jahe, manfaat jeruk nipis campur madu, manfaat jeruk nipis campur kecap, manfaat jeruk nipis.com, manfaat jeruk nipis campur madu untuk wajah, manfaat jeruk nipis campur putih telur, khasiat jeruk nipis campur madu untuk wajah, khasiat jeruk nipis dan madu, khasiat jeruk nipis dan kecap, khasiat jeruk nipis dan lemon, khasiat jeruk nipis dan jahe, khasiat jeruk nipis dan teh, khasiat jeruk nipis dicampur madu, khasiat jeruk nipis dan bawang, khasiat jeruk nipis di wajah
Apa kabar kawan kita ketemu lagi dalam postingan sederhana kali ini. Memang postingan saya ini  hanya sederhana saja dan bukanlah sebuah teori jitu atau ampuh, tetapi tak ada salahnya berbagi ilmu walau Cuma sedikit tetapi jika nanti bermanfaat itu lebih baik. Namun jika apa yang ingin saya tulis ini merupakan trik yang sudah basi saya mohon maaf dan mohon  kritik dan sarannya juga untuk blog ini agar nantinya saya bisa mebawa blog ini kepada hal yang lebih baik dari pada sekarang ini.

Cara menanam jeruk nipis sebenarnya sangat mudah sekali dilakukan bahkan buat orang yang tidak pengalaman pun ini akan bisa mudah mereka lakukan.

Menanam jeruk nipis selain dilakukan dengan menanam biji bisa juga dilakukan  dengan cara mencangko, ataupun stek ranting dan stek pucuk. Yang akan saya sampaikan pada tulisan ini adalah bagaimana caranya melakukan stek pucuk daun jeruk nipis. Perlu saya sampaikan sedikit mengenai arti stek itu sebenarnya apa. 

Banyak para petani yang belum paham istilah pembibitan tanaman. Mereka banyak yang salah penafsirannya. Kalau mereka membeli bibit yang disambung dari bibit asal biji dengan mata tunas itu dia menyebutnya “stek” atau ada sebagian menyebutnya “stekan” padahal arti yang sebenarnya itu bukan “stek” tetapi “okulasi” yang dinamakan stek itu adalah menanam sebuah pohon dengan cara memotong bagian tertentu kemudian mananamnya secara langsung pada media tanam.

Jika kita ingin melakukan stek batang maka yang kita potong adalah batangnya kemudia kita tanam pada media tanpa menunggu akar tumbuh lebih dahulu. Ini memang mirip dengan mencangkok. Bedanya jika mencangko kita memotong batang tanaman tetapi kita tumbuhkan dulu akarnya pada pohon induk baru setelah akar keluar batang tanaman kita potong lalu di tanam pada media tanam.

Kalau yang ingi kita stek adalah bagian pucuk daun tanaman maka ini disebut setek pucuk. Setelah kita mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan stek maka marilah sekarang kita simak baik-baik uraian cara malakukan stek dpada pohon jeruk nipis ini.

=Langkah pertama yang kita lakukan adalah menyiapkan media tanam yang akan kita pakai untuk menanam pohon yang sudah dipotong. Lalukanpemotongan pucuk pohon jeruk. Usakan pisau dalam keadaan bersih serta tajam. Cara memotong pucuk atau ranting pohon yang baik adalah sekali iris langsung putus. Jangan di ulang ulang agar menghasilkan irisan ang halus. Ini akan berpengaruh pada hasil pembibitan. Karena potongan yang tidak baik mengakibatkan kulit ranting menjadi memar dan ini berpotensi menjadi jalan masukknya bakteri yang bisa mengancam keberhasilan pembibitan kita.

Setelah kita memotong pucuk atau ranting tanaman olesi bagian pangkal stek dengan getah bawang merah. Kita bisa melakukan nya dengan memarut atau menumbuk bawang merah agar keluar cairan bawangnya lalu oleskan pada bagia pangkal stek tepatnya di sekeliling bekas irisan pemotongan pucuk.

Siram media tanam sebelum kita melakukan penancapan. Siram secukupnya saja jangan sampai menggenang. Kemudian lubangi media tanam dengan jari atau benda lain. Kemudian masukkan bibit stek kedalam lubang yang telah kita buat tadi. Jangan menancapkan langsung bibit stek ke media tanam karena bisa menyebabkan pangkal stek pada bekas irisan akan mengalami kerusakan terutama pada kulit batang. Jika ini mengelupas akan memperbesar kegagalan bibit kita. Yang benar adalah kita buat lubang dulu lalu masukkan bibit stek kedalam lubang lalu timbun kembali.
Lakukan penyungkupanpada bibit stek dengan plastik bening agar sinar matahari bisa masuk dan daun bisa meakukan fotosintesis. Tetapi jangan ditaruh pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena bibit akan mati.

Setelah pada tahapan ini kita Cuma ngontrol aja tiap hari sabil mengamati perkembangan stek jeruk kira. Kalau saya pribadi membuat pot media stek menggunakan gelas air mineral kemudian lubangi bawahnya untuk membuang kelebihan siraman air. Tancapkan pucuk jeruk sampai kedasar pot. Ini dimaksudkan untuk mengetahui jika pohon sudah keluar akar biasanya akan tamak pada adasar pot bahkan ada juga yang keluar dari pot melalui lubang pembuangan air.

Setelah akar keluar cukup banyak latih untuk membuka sungkung secara bertahap. Jangan dibuka seluruhnya. Cukup dibuka sedikit saja sambil mengamati jika daun layu maka tutup lagi tetapi jika daun tidak menunjukkan layu biarin saja begitu sambil membuka lebih lebar lagi di hari ang lain. Hal ini harus kita lakukan secara bertahap karena tanaman tidak siap jika dibuka sekaligus. 


Itulah tadi Artikel Tips cara mudah menanam jeruk nipis dari pucuk daun dan ranting
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Tips cara mudah menanam jeruk nipis dari pucuk daun dan ranting yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Tips cara mudah menanam jeruk nipis dari pucuk daun dan ranting. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/06/tips-cara-mudah-menanam-jeruk-nipis.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post