5 tanda jantung tidak sehat


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul 5 tanda jantung tidak sehat, Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



gambar : http://www.penyakitjantung.net/


Makanan instan sudah tidak asing lagi buat kita semua. Dannhampir setiap hari kita mengkonsumsi makanan jenis ini. Tanpa disadari, banyak anggaran rumah tangga kita dihabiskan untuk makanan instan kemasan, yang bersifat aditif dan rendah nutrisi.
Kita sering tidak menyadari bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan instan bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.

Sebagian besar makanan instan kemasan mengandung pemanis, garam, perasa buatan, lemak buatan pabrik, pewarna, bahan kimia yang mengubah tekstur, dan pengawet. Tapi masalahnya bukan hanya pada apa yang ditambahkan ke dalam makanan itu, tapi apa yang bisa dibawa pergi dari tubuh kita oleh makanan instan.




Pada saat memproses pembuatan makanan kemasan sering menghilangkan sebagian nutrisi alami yang dirancang oleh alam untuk melindungi jantung kita, seperti serat larut, antioksidan, dan lemak baik. Sifat aditif makanan instan, bisa menjadi masalah besar bagi kesehatan  kita.

Dibawah ini adalah uraian beberapa jenis zat yang terkandung di dalam makanan instan olahan, dan harus Anda waspadai risiko yang ditimbulkan.  Silakan baca baik-baik.

LEMAK TRANS
Lemak lemak trans secara umum terdapat dalam kue kemasan seperti muffin, microwave popcorn, kerupuk, margarin dan cracker, juga di makanan cepat saji seperti kentang goreng.
Sebuah Penelitian menunjukkan, lemak trans dua kali lebih berbahaya bagi jantung dibanding lemak jenuh, dan menyebabkan sekitar 30.000 sampai 100.000 kematian dini akibat penyakit jantung setiap tahun.

Lemak trans lebih buruk lagi bagi jantung daripada lemak jenuh karena ini dapat meningkatkan kadar Kolesterol "jahat" LDL dan menurunkan Kolesterol "baik" HDL. Ini akan memicu masalah ganda untuk arteri Anda. Lemak trans juga meningkatkan kadar lipoprotein dan trigliserida yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri.

Hal yang juga penting dilakukan adalah kita Periksa daftar label apakah ada kata-kata ini: "partially hydrogenated," "difraksinasi atau fractionated" dan "terhidrogenasi atau hydrogenated" (lemak yang sepenuhnya terhidrogenasi bukanlah ancaman bagi jantung, tetapi beberapa lemak trans yang disalahartikan sebagai lemak terhidrogenasi). Makanan yang mengandung kata-kata ini, berarti mengandung lemak trans.


BIJI-BIJIAN OLAHAN

makanan yang berasal dari biji-bijian olahan seperti roti putih atau pasta putih (sekarang banyak terdapat kemasan instannya) juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung sampai 30%.

Bebelanjalah dengan cerdas. Jangan sampai kita tertipu oleh sebuah iklan yang mengatakan bahwa bahan yang digunakan adalah seperti "dibuat dari tepung terigu" atau "tujuh jenis biji-bijian". Jangan juga tergoda dengan produk yang hanya ditabur serpihan gandum di permukaannya, sehingga seolah-olah terbuat dari gandum utuh.

Setidaknya sudah ada tujuh studi yang menunjukkan, bahwa perempuan dan laki-laki yang makan gandum utuh memiliki risiko lebih rendah mengidap penyakit jantung sebesar 20% - 30%.

Namun bagi mereka yang memilih produk instan dari biji-bijian olahan, mereka akan lebih berisiko terkena serangan jantung, resistensi insulin, dan tekanan darah tinggi.




SALT

Tigaperempat garam atau sodium yang kita konsumsi setiap hari, tidak berasal dari garam di meja atau dapur. Kita lebih banyak memakan olahan instan. Seperti sup instan, saus, mie instan dan lain sebagainya.

Organisasi kesehatan dunia (World Health Organization, WHO) menganjurkan konsumsi garam maksimal 5 g sehari. Sedangkan berdasarkan data Susenas pada 2002, 2007, dan 2009 (Hardinsyah, 2011), rata-rata konsumsi garam penduduk Indonesia masing-masing adalah 6,3; 5,6; dan 5,7 gram perhari.

Ini menunjukkan angka yang lebih tinggi dari anjuran dari WHO. Bahkan diperkirakan data tersebut bersifat underestimate, karena belum termasuk visible salt yang dibubuhkan pada makanan jajanan dan instan, demikian kata BPOM RI.

Sebanyak 98% asupan sodium akan diserap di usus, dan kelebihannya akan disaring di ginjal, dan dikeluarkan melalui keringat dan urin. Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia, fungsi ginjal cenderung menurun.

Akibatnya, kelebihan sodium akan menimbulkan banyak masalah pada kesehatan kita. Mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menimbulkan banyak masalah dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, temasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), dan jantung.

Agar tubuh tidak kelebihan sodium hal yang perlu dilakukan adalah mengurangi makanan olahan pabrik atau makanan instan.


HIGH-FRUCTOSE CORN SYRUP

Jika anda melihat dan membaca kemasan atau label makanan kemasan  yang dijual di supermarket atau toko lainnya. Anda akan   menemukan makanan atau minuman yang mengandung high fructose corn syrup atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Fruktosa ini tidak bisa digunakan secara langsung oleh tubuh menjadi sumber energi namun harus diubah dahulu menjadi glukosa. Proses untuk memperoleh energi dari sukrosa harus melewati jalan yang lebih panjang dan memakai energi. Dan ini hanya bisa terjadi di hati dan sel sperma.

Proses pembentukan lemak di hatiakan terpicu jika kita mengkonsumsi sukrosa secara berlebihan yang selanjutnya akan dikeluarkan ke peredaran darah. HFCS juga berperan terhadap masalah kesehatan lain seperti kegemukan, Kolesterol tinggi, masalah insulin, diabetes tipe-2, kerusakan hati, tekanan darah tinggi dan penyakit hati.

Periksa apakah di kemasannya tertulis pemanis jagung, sirup jagung, atau sirup jagung tinggi fruktosa. Anda akan tahu jika memeriksa tulisan kemsannya. Dari sinilah nanti kita akan mengetahui apakah makanan ini mengandung HFCS atau tidak.




Itulah tadi Artikel 5 tanda jantung tidak sehat
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel 5 tanda jantung tidak sehat yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel 5 tanda jantung tidak sehat. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/07/5-tanda-jantung-tidak-sehat.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post