Segudang Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan - Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan berbagai catatan sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Segudang Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Jangan lupa baca juga yaaaa artikel berikut ini :



Bawang yang berwarna merah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat bawang merah?

1. Dapat mencegah kanker

Bawang merah mengandung zat yang disebut dengan quercetin, yaitu zat yang membuat warna merah gelap. Menurut University of Maryland Medical Center, zat quercetin ini termasuk zat antioksidan yang berperan penting dalam mengatasi proses radikal bebas yang dianggap sebagai penyebab kanker. selain itu zat antioksidan seperti quercetin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, serta kanker endometrial.

2. Menurunkan tekanan darah

Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan jugaa bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yag tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, stroke,gagal ginjal, dan diabetes mellitus.

3. Membantu menormalkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakitdiabetes mellitus. Bahkan, menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah yang tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Sudan, penderita diabetes mellitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang merah memang mampu untuk menurunkan kadar gula darah.

Para ahli menyimpulkan jika bawang jenis ini memang mampu meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

4. Menurunkan = kolesterol tubuh

Sebuah jurnal yang dilaporkan dalam Phytotherapy Research menyebutkan bahwa bawang merah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi yang dilakukan pada hewan ini menunjukkan jika diet yang mengandung makanan dengan banyak bawang merah mampu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Para ahli percaya penurunan kolesterol yang terjadi ini diakibatkan oleh kandungan zat antioksidan serta zat bioaktif lainnya yang ada di dalam bawang tersebut yang dapat menurunkan jumlah lemak total dalam tubuh secara langsung.

Sumber : https://hellosehat.com/manfaat-bawang-merah-bagi-kesehatan/


Itulah tadi Artikel Segudang Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Segudang Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Segudang Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2017/12/segudang-manfaat-bawang-merah-untuk.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post