Koleksi Resep Herbal: Kandungan & Manfaat Jeruk Bali


Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Koleksi Resep Herbal: Kandungan & Manfaat Jeruk Bali, Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


 
Habitus pohon dengan tinggi 5-10 m. Batangnya kuat dan bercabang, kulit

luarnya tebal berwarna coklat

kekuningan dan ranting berduri. Helaian daun besar dan bersayap lebar, bentuknya bulat telur memanjang atau

elips dengan ujung meruncing,

panjangnya 5-20 cm. Bunganya berwarna putih kekuningan. Buahnya berbentuk bola tertekan atau bentuk buah pir, kulit buahnya tebal sekitar 1,5-2 cm, daging buahnya putih atau

merah muda dengan gelembung yang lepas satu sama lain, rasanya agak asam. Bijinya sedikit, ada juga yang tidak berbiji sama sekali. Di Indonesia jeruk ini tumbuh dengan balk dari dataran rendah sampai pada ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Buahnya dimakan sebagai buah meja, kulit buah bagian dalam yang berwarna putih seperti busa dapat dibuat manisan. Jeruk ball umumnya berbuah pada bulan AprilJuli. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkokan.

Sinonim

Citrus grandis (L.) Osbeck.3q, Citrus decumana Linn„ Citrus aurantium grandis

Linn, Citrus aurantium-decumana L, Citrus costata Raf, Citrus pomelmos Poit,

Aurantium maximum Burn.

Nama Daerah

Sumatera: Boh gir, munter, nagiri (Aceh), unte bolon, unte godang, unte susu (Batak), dima kasumba (Nias),

muntei (Mentawai), limau besar, jeruk besar (Melayu), limau gadang (Minangkabau), limau balak, limau kibau

(Lampung).

Kalimantan: limau gulong, kerowohu, kelewuku (Dayak)

Jawa: jeruk delima, jeruk bali (Sunda), jeruk adas, jeruk bali, jeruk gulung, jeruk macan, jeruk rawa (Jawa), jeruk macan (Madura)

Nusa Tenggara: jeruk muntis (Bali), jeruti (Sasak), mundeh (Flores), muda tapo (Alor)

Sulawesi: limu sumba, munte kasumba, muntoi kasumba, munte bangkok (Sulawesi Utara)

Maluku: susi ma'a, ahusi a'ate, umusi ane-ane (Seram Barat), musi walanta, usi anan (Seram Selatan), pohit bagut, puhat wolanda (Buru), pafo kastela (Halmahera Selatan), wamo lalago, wawa hangkari, sangkari (Halmahera Utara), lemo lolamo (Ternate), joji lamo

(Tidore)

Papua: jodi

Nama Asing

Yu chi (Tionghoa), pompelmoes (Belanda), pumolnose, pumelo, grape fruit (Inggris), Som-o (Thailand), lukban, suha (Filipina), limau abung (Malaysia).

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis

Rasa manis, asam, netral. Berkhasiat sebagai penenang (sedatif), antibengkak

(antiswelling).

Kandungan kimia

Kulit buah mengandung kristalin, glukosida, hesperidin, rutin, pektin, naringin, peroksidase juga mengandung

minyak menguap yang terdiri dari d-pinene, d-limonene, linalool, geramiol, dan ester.

Daging buah mengandung sakarosa, asam folat, gula pereduksi, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, sodium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C.

Hesperidin sangat baik untuk perawatan pembuluh darah. Naringin dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh.

Bagian yang dipakai

Bunga, buah, kulit buah, dan biji. Pemakaian segar atau kering.

Kegunaan

Jantung berdebar, batuk berdahak, demam pada anakanak, gangguan pencernaan (dyspepsia), mabuk karena alkohol, ayan (epilepsi), kanker prostat, pembengkakan, rematik, sakit pinggang (lumbago), hernia, dan lain-lain.

Dosis pemakaian

- Pemakaian luar: kulit jeruk ball dibakar dan dihaluskan lalu ditaburkan pada kulit yang sakit atau direbus, dan airnya dipakai untuk mandi.

Pemakaian dalam (minum): 10-15 gr kulit buah (kering) atau 30-60 gr bunga, biji, kulit buah (segar) direbus, lalu

airnya diminum.

Cara Penggunaan

a. Demam pada anak:

150 gr kulit jeruk bail, 200 gr daun sembung, 7 lembar daun sirih, 100 gr lengkuas diiris-iris, 100 gr akar tapak liman direbus dengan air secukupnya hingga mendidih,

setelah hangat digunakan untuk mandi berendam pada anak yang demam selama 10 menit.

b. Batuk berdahak:

90 gr daging buah jeruk bali, 10 gr kulit jeruk mandarin, dan 15 gr kencur, 10 gr jahe, gula merah secukupnya, rebus. dengan air secukupnya hingga mendidih, dan diminum hangat-hangat.

c. Asma:

60 - 100 gr kulit buah jeruk bali segar, 20 gr pahap/umbi bunga lili kering, 10 gr kencur direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc disaring, lalu airnya diminum.

d. Jantung Berdebar:

60 gr bunga jeruk bali, 10 butir biji teratai (direndam hingga lembut), kemudian direbus dengan air secukupnya hingga biji teratai matang, biji teratai dimakan, dan airnya diminum.

e. Rematik:

100 gr daging buah jeruk bali, 10 gr jahe merah, dan 15 gr temulawak, 15 gr sambiloto rebus dengan 600

cc air hingga tersisa 200 cc disaring, tambahkan madu

secukupnya, dan diminum.

(Sumber: Penyembuhan dengan jeruk oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma) 


Itulah tadi Artikel Koleksi Resep Herbal: Kandungan & Manfaat Jeruk Bali
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Koleksi Resep Herbal: Kandungan & Manfaat Jeruk Bali yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Koleksi Resep Herbal: Kandungan & Manfaat Jeruk Bali. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2018/03/koleksi-resep-herbal-kandungan-manfaat.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post