Waspadai Akrilamid Penyebab Kanker Kolorektal

Waspadai Akrilamid Penyebab Kanker Kolorektal - Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan berbagai catatan sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Waspadai Akrilamid Penyebab Kanker Kolorektal, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Jangan lupa baca juga yaaaa artikel berikut ini :




Sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa kanker kolorektal erat kaitannya dengan kanker keturunan atau kanker yang terjadi pada usia lanjut, padahal kanker yang tumbuh pada usus besar ini juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup.

Faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kasus kanker ini di Indonesia, seperti penyakit radang usus besar yang tidak diobati, kebiasan banyak makan daging merah, makanan berlemak dan alkohol, kurang konsumsi buah-buahan, sayuran dan ikan, kurang beraktivitas fisik, berat badan yang berlebihan, serta kebiasaan merokok.

dr Nadia Ayu Mulansari, SpPD-KHOM dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengungkapkan bahwa kanker kolorektal 90-95 persen dipengaruhi oleh lingkungan dan gaya hidup, sisanya oleh gen.
"Kanker kolorektal timbul karena adanya karsinogen atau bahan-bahan yang menyebabkan kanker dari lingkungan kita. Dan juga gaya hidup ditambah kebiasaan sejak kecil," ujarnya pada acara Media Briefing "Kenali Kanker Kolorektal Lebih Dekat" di Kantor Pusat YKI, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018).

Ia juga menyebutkan bahwa sekitar lebih dari 30 persen pengidap kanker kolorektal di Indonesia berada dalam usia produktif, yakni 40 tahun dan bahkan lebih muda. Perubahan gaya hidup seperti merokok dan kebiasaan makan dapat berperan menjadi karsinogen. 

"Kebiasaan sejak kecil ya, kita dari anak anak sudah sangat terpapar dengan makanan junk food, kemudian terlalu banyak makan daging merah," lanjut dr Nadia.

Makanan cepat saji atau fast food lebih sulit karena tinggi lemak dan kurang serat, ditambah proses pengolahan dan memasaknya yang instan dan mengandung banyak pengawet. Zat akrilamid yang terbentuk pada makanan deep fried atau digoreng dengan minyak penuh juga bisa menjadi karsinogen.



Itulah tadi Artikel Waspadai Akrilamid Penyebab Kanker Kolorektal
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Waspadai Akrilamid Penyebab Kanker Kolorektal yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Waspadai Akrilamid Penyebab Kanker Kolorektal. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2018/08/waspadai-akrilamid-penyebab-kanker.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post