Cara membuat pupuk organik cair (1)


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara membuat pupuk organik cair (1), Kami berharap isi postingan Artikel pertanian, Artikel Pupuk organik, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


♣ .Siapkan bahan-bahan berikut:
1 karung kotoran ternak,
1/2 karung dedak,
30 kg hijauan (jerami, gedebong pisang, daun leguminosa,daun orok2, dll),
100 gram gula merah atau gula pasir/tetes tebu,
50 ml bioaktivator (EM4)/MOL,
air bersih secukupnya.


♣ .Siapkan tong plastik kedap udara ukuran 100 liter sebagai media pembuatan pupuk, satu meter selang aerotor transparan (diameter kira-kira 0,5 cm), botol plastik bekas air mineral ukuran 1 liter. Lubangi tutup tong sebesar selang aerotor.

♣ .Rajang bahan-bahan organik yang akan dibuat bahan pupuk. Masukkan kedalam tong dan tambahkan air,

komposisinya:
2 bagian bahan organik, 1 bagian air. Lalu aduk sampai rata.

♣ .Larutkan bioaktivator seperti EM4/mol + gula merah/pasir 5 liter air aduk sampai rata. Lalu tambahkan larutan tsb ke dalam tong yang berisi bahan pupuk.

♣.Tutup tong dengan rapat, kemudian masukan selang melalui tutup tong yang sudah diberi lubang. Rekatkan tempat selang masuk sampai tidak ada lubang udara. Biarkan ujung selang yang lain masuk kedalam botol yang sudah diberi air.

♣. Pastikan harus benar-benar rapat, sebab reaksinya akan berlangsung secara anaerob.

Fungsi selang adalah untuk menyetabilkan suhu campuran bahan dengan membuang gas yang dihasilkan tanpa harus ada udara dari luar yang. masuk ke dalam tong.

♣. Tunggu sampai 7-10 hari. Untuk mengecek tingkat kematangan, buka tutup tong dan cium bau adonan. Bila berbau seperti tape, adonan sudah bisa diaplikasikan.

♣. Pisahkan antara cairan dan ampasnya dengan cara disaring.

Gunakan saringan kain. Ampas adonan bisa dipakai untuk pupuk organik padat.

♣. Masukkan cairan yang telah melewati penyaringan pada botol, tutup rapat. Pupuk organik cair telah jadi. Apabila dikemas dengan baik, pupuk cair ini bisa kita gunakan hingga 6 bulan.

Itulah tadi Artikel Cara membuat pupuk organik cair (1)
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara membuat pupuk organik cair (1) yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara membuat pupuk organik cair (1). jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2013/11/cara-membuat-pupuk-organik-cair-1.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post