Mengenal kasiat daun Pegagan / Daun Kaki Kuda


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal kasiat daun Pegagan / Daun Kaki Kuda, Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, Artikel Obat herbal, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





Pegagan adalah tanaman merambat. Tanaman inni banyak banyak ditemukan di lading lading yang luas dengan tumbuh menjalar . karena pohon ini menjalar dan dapat baerbunga sepanjang tahun maka tanaman ini lama lama dapat tumbuh banyak dan bisa dimanfaatkan sebagai tumbuh an penutup tanah.


Daun pagagan ada banyak jenis. Yang sering sering dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan merah ini sering disebut dengan antanan kebun atau ada juga yang menyebut antanan batu, disebut antanan batu mungkin karena tanaman ini sering ditemukan dibebatuan, kering dan terbuka.. geragih merah tumbuh merambat dengan stolon dan tanaman ini tidak memiliki batang. Tetapi tanaman pegagan ini memiliki rimpang.


Pegagan hijau sering tumbuh dipersawahan disela sela rerumputan . tanaman ini menyukai tempat yang agak lembab terbuka tetapi yang agak ternaungi. Selain pegagan atau atanan sebenarnya masih ada tanaman lain yang mirip dengan pegagan ini, yaitu tanaman yang mirip pegagan atau antanan ada empat jenis yaitu antanan kembang, antanan beurit, antanan gunung dan antanan air.


Pegagan berasal dari Asia tropic kemudian menyebar ke Asia Tenggara yang juga termasuk Indonesia, India, Tiongkok, jepandan Australia. Lama kelamaan menybarlah keseluruh dunia.  
Pegagan memiliki bentuk batang ang lunak beruas dan menjalar  dan bisa mencapai ketinggian satu meter. Daun pegagan berbentuk bulat.  



Bentuk pegagan ini memang sekilas hanyalah tanaman semak yang seakan akan membuat tanah menjadi tempat tumbuhnya rumput, namun dibalik itu pegagan memiliki banyak kasiat sebagai obat obatan tradisional. Pegagan memiliki kandungan zat antara lain asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.



Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Dalam segudang zat bermanfaat itu pegagan memiliki fungsi sebagai obat tradisional dan dapat digunakan sebagai

1
antirematik,
2
antitoksik,
3
pembersih darah,
4
menghentikan perdarahan (hemostatis),
5
mengurangi tekanan darah tinggi,
6
infeksi batu saluran kencing,
7
kencing keruh,
8
susah kencing,
9
pembengkakan hati,
10
campak,
11
bisul,
12
mata merah,
13
batuk darah,
14
muntah darah,
15
batuk kering,
16
mimisan,
17
demam,
18
radang amandel,
19
sakit tenggorokan ,bronchitis, dll.
Selain digunakan sebagai obat sekarang tersedia makanan dari dau pegagan yang dibuat menjadi peyek atau rempeyek. Yang tentunya tetap akan mengandung zat ang bermanfaat buat kesehatan.

Kini anda bisa dapatkan di:
1. TOKOPEDIA
2. BUKALAPAK

 jual peyek pegagan wates kulon progo, call 089664311792





Sejak zaman dahulu pegagan digunakan sebagai obat sakit kulit, gangguan syaraf dan juga untuk mengobati / memperbaiki peredaran darah. Selain sebagai obat orang jawa barat menggunakan tanaman ini sebagai lalapan. Anda juga dapat menggunakan tanaman pegagan ini untuk treatment kesuburan. Caranya anda cukup merebus daun dan batang pegagan. Sebelum direbus remas remas lah dahulu hingga setengah hancur. Lalu minum 2 kali sehari.  



Diberbagai  daerah nama tanaman ini bermacam macam. di Aceh orang menyebutnya Pegaga, daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), taidah (bali) sandanan (irian) broken copper coin, buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (India), ji xue cao (Hanzi). Rumput kaki kuda, antanan gede, panegowang, tikusan, pagaga, piduh, kori-kori, gagan-gagan atau kisukisu.

Inggris: Spadeleaf, pohekula
Pilipina: Takip kohol. Sedangkan di Cina: Beng da wan, han ke cao  


Itulah tadi Artikel Mengenal kasiat daun Pegagan / Daun Kaki Kuda
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Mengenal kasiat daun Pegagan / Daun Kaki Kuda yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Mengenal kasiat daun Pegagan / Daun Kaki Kuda. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/03/mengenal-kasiat-daun-pegagan-daun-kaki.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post