Cara mudah menanam pohon sirsak dengan pucuk daun

Cara mudah menanam pohon sirsak dengan pucuk daun - Hallo sahabatku, WONGLENDAH, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan berbagai catatan sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara mudah menanam pohon sirsak dengan pucuk daun, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Kami berharap isi postingan Artikel Budaya, Artikel Obat herbal, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Jangan lupa baca juga yaaaa artikel berikut ini :





Sirsak merupakan buah dengan berbagai kasiat untuk pengObatan, sirsak mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami. Sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak di Indonesia didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.


Tanaman sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair, sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.


Biji buah sirsak beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami
Buah sirsak   karbohidrat, fruktosa, vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Buah Sirsak juga mengandung   fosfor dan kalsium, dan juga memiliki kadar sodium (natrium) yang rendah, namun tinggi potasium (kalium), Perbandingan antara kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan sebagai pencegahan penyakit hipertensi.


Sirsak mengandung komponen nongizi. Salah satu di antaranya   mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yang  mencapai 3,3 g per 100 g pada daging buahnya. Daun sirsak juga mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin.


Dengan kandungan yang begitu banyak tersebut maka Daun sirsak memiliki bebeapa manfaat yang sangat luar biasa. Daun sirsak  mampu menghambat pertumbuhan bakteri,   mutasi gen,   enghambat perkembangan virus,   menghambat perkembangan parasit,   menghambat pertumbuhan tumor, membantu merileksasi otot, sebagai anti kejang.


Selain  fungsi diatas daun sirsak juga diakini dapat membantu meredakan nyeri,   menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, membantu menyehatkan jantung, membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil, membantu melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasait, mengurangi stres, serta menguatkan pencernaan dan meningkatkaan nafsu makan.


Perlu di ingat bahwa klaim ini dinyatakan telah berhasil dalam uji coba laboratorium, dan untuk uji coba pada Manusia belum ada bukti secara medis. Untuk mengetahui berbagai kasiat dan manfaat daun sirsak akan saya bahas pada artikel lain secara terpisah karena pada artikel ini saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara menanam pohon sirsak dengan mudah tetapi cepat berbuah.


Cara yang  saya lakukan ini semata mata hanyak dari hasil uji coba yang saya lakukan beberapa kali dan ternyata keberhasilannya mencapai 75%. Saya mencoba menanam pohon sirsak ini karena terinspirasi dari banakna daun sirsak yang terbuang sia sia saat dilakukan pemangkasan. Mengingat kasiat daun sirsak yang sangat banyak seperti yang telah saya tulis di awal artikel ini maka timbulah pikiran untuk memanfaatkan potongan potongan daun tadi agar bisa diawetkan yaitu dengan cara ditanam.


Maka mulailah saya mencoba menanam potongan potongan daun sirsak ini dengan cara stek pucuk. Saya pernah coba stek batang namun hamper 100% mengalami kegagalan. Dan hanya sek pucuk saja yang berhasil saya lakukan. Mungkin diantara para pembaca ada yang memiliki pengalaman tersendiri tentang menanampohon sirsak ini mohon dishare kalau tidak keberatan agar nanti ilmu anda juga bermanfaat bagi orang lain karena ilmu yang bermanfaat jika kita iklhas maka pahalanya akan mengalir terus menerus (amal jariyah).


Hal hal yang anda persiapkan juga tak ada yang dilakukan secara khusus. Anda cukup menyediakan pucuk pucuk daun sirsak. Kemudian potonglah daun sirsak setengah nya. Dan tinggalkan kira kira 3 samap 4 lembar daun yang sudah dirompes/ dipotong sebagian. Ini dimaksudkan untuk mengurangi penguapan pada pucuk tanaman bibit.


Pucuk jangan terlalu tua atau terlalu muda. Pilihlah yang memiliki daun berwarna hijau tua, namun batangnya jangan yang sudah berwarna coklat. Pilih batang pucuk sirsak yang masih berwarna hijau lalu potonglah dengan pisau atau cutter yang masih tajam. Dimaksudkan agar potongan tidak memar sehingga mengurangi resiko terjangkitnya penyakit atau jika batang memar akan mudah dimasuki baktei atau jamur sehingga akan mengurangi keberhasilan stek pucuk tersebut. Cara ini berlakuk untuk hamper semua tanaman tak hanya sirsak saja.


Kemudian olesi pada pangkal stek menggunakan getah bawang merah. Caranya anda bisa memarut bawang merah atau menghancurkan dengan cara ditumbuk, atau dengan di iris saja juga bisa. Yang penting bawang merah tadi keluar cairan. Karena yang dibutuhkan adalah cairan ini. Fungsi dari cairan bawang merah ini adalah sebagai zat perangsang akar. Agar tanaman stek ini cepat tumbuh akar.

Masukkan pucuk sirsak kedalam media pot . setelah itu tutuplah pucuk tanaman  menggunakan kantong plastic bening. Agar pucuk tidak cepat nenguap yang akan mengakibatkan kegagalan karena pucuk menjadi kering dan akhirnya mati.



Jagalah media tanam tetap lembab jangan terlalu banyak penyiraman agar pucuk tidak mengalami pembusukan cukup basah saja gak perlu meggenang. Usahakan memilih media yang cepat mengalirkan air keluar (porous). Biasanya kalau berhasil daun salam tidak akan rontok sampai beberapa bulan hingga akhirna kita akan melihat pucuk tunas baru mulai keluar kemudian disusul akar pada media.


Jika ini terjadi jangan buru buru melepas sungkup  karena jika langsung dilepas
biasanya tanaman akan langsung mati. Cara yang saya lakukan adalah dengan melobangi sungkup dengan jari. Cukup satu lubang jari sajauntuk melatih tanamam beradaptasi dengan perubahan suhu dan kelembaban udara disekitarnya. Setelah ada tanda tanda telah kuat perbesar lubangnya begitu seterusnya hingga akhirnya dilepas sungkupnya. Kemudian taruh ditempat  teduh  jangan kena sinar mata hari scara penuh dahulu. Mulailah dengan melatih beradaptasi lagi.



Itulah tadi Artikel Cara mudah menanam pohon sirsak dengan pucuk daun
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara mudah menanam pohon sirsak dengan pucuk daun yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara mudah menanam pohon sirsak dengan pucuk daun. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/03/cara-mudah-menanam-pohon-sirsak-dengan.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post