Cara Aman Mengenal Beras Aspal


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Cara Aman Mengenal Beras Aspal, Kami berharap isi postingan Artikel tips, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



Semakim mahalnya kebutuhan pokok yang terjadi saat ini membuat daya beli masyarakat semakin rendah . itu karena meraka tidak mampu  membeli bahan dengan harga yang tinggi. Namun terdorong oleh kebutuhan konsumsi sehari- hari yang tidak mungkin di tunda-tunda lagi maka mereka akan berusaha mendapatkan bahan makanan apapun caranya. Situasi inilah yang sering dimanfaatkan oleh pengusaha nakal yang hanya memikirkan keuntungan pribadi saja dengan menawarkan bahan makanan dengan harga murah. Dalam situasi sulit seperti ini kebanyakan masyarakat gak mau tau akan bahan yang dijual itu. Mereka hanya berpikir bahwa hari ini mereka harus makan. Dengan uang sedikit mereka bisa mendapatkan bahan makanan ang cukup untuk mereka makan bersama keluarga pada hari itu.


Beberapa waktu lalu Indonesia di gegerkan oleh penemuan beras palsu atau orang sering menyebutkan beras plastic, Kabarnya beras tersebut berasal dari China yang didistribusikan dari daerah Taiyuan Provinsi Shaanxi. Kita harus lebih waspada dan mampu membedakan ciri-ciri beras plastik dan mengenali perbedaan beras asli dan plastik. Jika sekilas diperhatikan, antara beras plastik dan beras asli ini memang tampak tidak ada bedanya sehingga bagi mereka yang tidak tahu ciri-ciri beras plastik akan mudah tertipu. Namun, meski tampak serupa masih ada perbedaan diantara beras asli dan palsu tersebut. Berdasarkan keterangan media Singapura, China sedang memproduksi beras palsu. Beras palsu ini sedang didistribusikan di Kota Cina Taiyuan, Provinsi Shaanxi. Bahkan diindikasikan beras-beras tersebut juga diekspor.

Walaupun  kita sering mendengar namanya beras plastik namun masih banyak orang yang tidak tau apa beras plastik itu sebenarnya. Beras plastik ini terbuat dari gabungan kentang, ubi jalar dan limbah plastik yang direkayasa sedemikan rupa sehingga berbentuk menyerupai beras. Tidak hanya itu, produsen beras palsu ini juga menambahkan resin sintetis industri. Resin sintetis ini dikatakan sangat berbahaya jika dikonsumsi karena bisa memicu kanker. Biaya produksi beras palsu yang rendah dikhawatirkan menarik pedagang grosir untuk menjualnya secara massal agar bisa meraih keuntungan lebih . besarKarenanya kewaspadaan konsumen harus ditingkatkan agar tidak menjadi korban beras palsu.

Berikut ini beberapa ciri-ciri beras palsu sintesis yang dicampur plastik yang telah kami rangkum dari berbagai sumber dan keterangan ahli pangan spesialis yaitu Dr. Verawati Sudarma, M.Gizi, Sp.GK, agar kita tidak tertipu dan salah dalam mengkonsumsi beras plastik yang jelas akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Simak daftar perbedaan beras plastik dan beras asli dibawah ini.


Tabel 1. Perbedaan beras asli dan beras plastic



                       Beras Asli
Beras Plastik
1.       Ukuran beras lebih gemuk ada guratan.
2.       Beras asli tampak bening namun terdapat warna putih susu di tengah-tengahnya.
3.       Tekstur cenderung kasar saat dipegang.
4.       Beras asli akan menyerap air saat dimasak.
5.       Jika dimasukkan ke penanak nasi, tekstur akan berubah jadi lembut.
6.       Saat dimasak akan mengeluarkan aroma harum karena HO2
7.       Sesudah dimasak akan terasa manis saat dimakan karena kandungan glukosa dan karbohidratnya
8.       Ditempel dengan setrika tidak lengket dan tidak berbau.
9.       Beras  asli tidak meleleh kalau dibakar.
10.   Beras asli direndam dalam air maka airnya akan berwarna lebih putih.
1.       Ukuran beras lebih ramping tidak ada guratan.
2.       Ciri ciri beras plastik sintesis warnanya bening.
3.       Tekstur lebih halus dan lembut karena berbahan plastik.
4.       Sedangkan beras palsu malah akan mengeluarkan air saat dimasak.
5.       Beras plastik palsu akan lembek saat dimasukkan ke penanak nasi dan cenderung keras, saat dikeluarkan akan semakin kering dan mengeras.
6.       Beras plastik sintesis mengeluarkan aroma sangit saat dimasak.
7.       Cenderung berbau sangit dan beraroma bahan kimia.
8.       Ditempel dengan setrika beras lengket dan berbau sangit
9.       Beras plastik dibakar akan meleleh seperti plastik.
10.   Beras palsu airnya tidak akan berwarna putih.


Nah setelah membaca uraian diatas semoga kita semua akan bisa lebih berhati hati memilih beras agar kita tidak salah pilih yang akhirnya akan merusak kesehatan kita dan orang – orang yang kita cintai.

Daftar Pustaka:
Anonim, 1995.  Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Mutu Hasil Pertanian Terpadu Komoditi Pangan, Badan Agribisnis Departemen Pertanian. Jakarta.
Kartika Runiasari/CN19/ SM Network, 2015. Cara Sederhana Mengenal Beras Palsu. Suara merdeka
Winarno, F.G. dan Surono, 2002. HACCP dan Penerapannya dalam Industri Pangan. M-BRIO PRESS, Bogor.

Sumber : data diolah dari berbagai sumber








Itulah tadi Artikel Cara Aman Mengenal Beras Aspal
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Cara Aman Mengenal Beras Aspal yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Cara Aman Mengenal Beras Aspal. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/04/cara-aman-mengenal-beras-aspal.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post