Mengenal manfaat dan olahan buah sukun


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal manfaat dan olahan buah sukun, Kami berharap isi postingan Artikel Kuliner, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



sumber http://cur.lv/103uv5
Bagi anda orang indonesia saya yakin sudah tidak asing lagi yang namanya buah sukun. Buah yang memiliki banyak ragam kegunaan dalam olahan menu masakan. Dari olahan sayur, goreng , hingga bermacam-macam kue.

Buah sukun tumbuh rindang  dengan bentuk pohon yang besar dan daun yang lebar. Namun pohon sukun ini cepat berkembangnya menjadi besar dan mampu hidup didaerah yang agak minim senar matahari.

sumber http://cur.lv/103uux
Pohon sukun biasa ditemukan di daerah perbukitan. Namun begitu tak jarang pula hidup dipekotaan sebagai tanaman perindang halaman kaena memang pohon sukun memiliki daun lebar dan banyak cabang sehingga sangat cocok sebagai perindang halaman.
Selain itu pohon sukun menghasilkan buah yang memiliki kandungan karbohigrat yang bisa mengenyangkan dan ini seing di goreng atau disayur. Namun seiring dengan majunya pemikiran manusia sekarang buag sukun sudah mulai dilirik sebagai bahan pembuat puding, kripik, dan olahan lainnnya.

Selain digunakan sebagai olahan makanan basah ternyata buah sukun juga bisa di awetkan menjadi bahan tepung yang bisa disimpan lebih lama jika dibandingkan penyimpanan dalam bentuk sukun basah.

sumber http://cur.lv/103uth
Buah sukun ini sering dijadikan makanan alternatif yang cukup populer. Karena kandungan buah sukun cukup banyak kandungan gizinya. Kandungan gizi yang terkandung didalamnya tidak kalah dengan singkong, jagung, kentang dan ubi jalar.












Tabel komposisi zat gizi sukun dan bahan lainnya per 100 gram bahan
Jenis bahan pangan
Energi(kal)
Protein(g)
Lemak (g)
Karbohidrat(g)
Tepung sukun dari buah tua 
302
3.6
0.8
78.9
Sukun tua
108
1.3
0.3
28.2
Beras
360
6.8
0.7
78.9
Jagung
129
4.1
1.3
30.3
Ubikayu
146
1.2
0.3
34.7
Ubi jalar
123
1.8
0.7
27.9
Kentang
83
2.0
0.1
19.1
Dari tabel di atas bisa kita lihat bahwa kandungan gizi sukun tidaklah kalah dengan bahan lain seperti diatas. Selain terdapat zat gizi seperti yang kita lihat dalam tabel diatas ternyata buah sukun juga mengandung zat lain yang tak kalah pentingnya unuk kesehatan kita yaitu, vitamin B1, B2, dan juga vitamin C. selain vitamin tersebut juga masih terdapat zat lain diantaranya kalsium, fosfor dan zat besi.

Untuk melihat secara jelas mari kita lihat tabel dibawah ini.

Tabel komposisi zat gizi pada sukun per 100 gram bahan

Zat Gizi
Sukun muda
Sukun tua
Tepung Sukun
Karbohidrat (g)
9.2
82.2
0.8
Lemak (g)
0.7
0.3
3.6
Protein (g)
2.0
1.3
78.0
Viamin B1 (mg)
0.12
0.12
0.34
Vitamin B2 (mg)
0.06
0.05
0.17
Vitamin C mg  (mg)
21.00
17
47.6
Kalsium (mg)
59
21
58.5
Fosfor (mg)
46
29
165.2
Zat besi (mg)
-
0.4
1.1

Buah sukun tidak mengenal musim paceklik karena pada musim kemarau produksi sukun semakin meningkat. Hal ini akan sangat membantu para petani untuk memenuhi kebutuhan pangan disaat beras belum panen karena kurangnya air irigasi biasanya para petani menanam palawija.

Agar medapatkan bahan berkualitas dari buah sukun ini ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum melakukan pengolahan bahan. Untuk memperolah bahan yang menghasilkan rasa yang tinggi tentu saja kita harus  memilih buah sukun yang sudah tua. Oleh karena itu kita harus melakukan pemilihan buah sukun. Untuk mengetahui buah sukun yang sudah tua amati kulit buah dan warnannya. Buah sukun yang masih muda bekulit kasar, dan ini lambat laun akan menjadi halus jika buah sukun sudah menjadi tua. Warna buah sukun yang masih muda akan berwarna hijau. Sedangkan jika buah sudah tua maka sukun akan berkulit hijau kekuningan dan memiliki warna agak kusam.

Cara pengawetan buah sukun

Kandungan iar pada buah ini sangat tinggi sekitar 69,3%. Karena itulah buah ini tidak mampu disimpan terlalu lama dan akan cepat busuk. Meskipun buah sukun yang segar langsung bisa di olah tetapi jika buah ini akan disimpan agak lama maka harus melalui proses pengawetan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar buah sukun bisa tahan lama disimpan kita bisa mengolahnya menjadi gaplek sukun. Gaplek ini nantinya bisa kita olah menjadi bahan olahan lain. Dan gaplek ini nantinya juga bisa kita jadikan tepung sukun. Dan bahan tepung ini bisa kita gunakan untuk membuat olahan makana yang bermacam macam.

Cara membuat gaplek sukun.

1.
Gaplek sukun terbuat dari buah sukun yang sudah tua. Caranya adalah kupas bersih lalu dipotong-potong.
2.
Potongan buah sukun diiris tipis – tipis kemudian dihamparkan diatas nampan. Dan jemur dibawah terik matahari


Supaya proses pengeringan merata dan tidak mudah berjamur baliklah 3 jam sekali. Pada musim kemarau pada saat sinar matahari sangat terik biasanya buah sukun bisa kering selama 3 hari. Gaplek ini bisa bertahan selama 3 bulan. Agar tidak mudah terkontaminasi oleh jamur seltelah kering harus di simpan dalam plastik rapat. 


Cara membuat Tepung sukun

Tepung sukun berasal dari olahan gapek sukun.  Gaplek sukun yang sudah kering ditumbuk dan diayak dengan ayakan halus. Setelah diperolah tepung yang halus lalu dijemur sampai tepung benar – benar kering. Sebaiknya jika kita ingin mengolah tepung sukun gunakan yang msih baru. Karena tepung sukun yang sudah lama disimpan biasanya akan menimbulkan bau apek.

Daftar pustaka:
Buku 20 panganan dari sukun







Itulah tadi Artikel Mengenal manfaat dan olahan buah sukun
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Mengenal manfaat dan olahan buah sukun yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Mengenal manfaat dan olahan buah sukun. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://wong-lendah.blogspot.com/2016/07/mengenal-manfaat-dan-olahan-buah-sukun.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post